Google Developers Launchpad Dukung Gerakan Nasional 1000 Startup Digital

Google Launchpad Accelerator Asia

Pada bulan Februari tahun 2016 presiden Indonesia Joko Widodo mengunjungi kantor Google yang berpusat di Mountain View, California, AS. Tidak hanya berkunjung namun Indonesia membuat kesepakatan kerja sama dengan Google untuk membantu melatih 100 ribu developer mobile baru hingga tahun 2020. Hasil dari wujud nyata tersebut telah diselenggarakannya Indonesia Android Kejar yang tahun ini telah berjalan 2 periode.

Selain itu Google juga memiliki program lain yaitu Developers Launchpad. Google Developers Launchpad adalah program accelerator startup dari Google untuk membantu startup dinegara berkembang, saat ini ada 15 negara yang ikut serta salah satunya ialah Indonesia. Melalui program ini para startup terpilih akan mendapatkan bimbingan selama 6 bulan, support, training dan pendanaan sampai USD 50 ribu. Tujuan dari program ini tidak lain agar startup tersebut menjadi pemain besar di negara mereka sendiri. Satu tahun program Google Developers Launchpad berjalan, sampai saat ini sudah ada 19 startup dari Indonesia yang telah mengikuti program ini.

Tidak berhenti sampai disitu kali ini Google memutuskan untuk bergabung dengan Gerakan Nasional 1000 Startup Digital. Google berkomitmen untuk membantu pemerintah Indonesia untuk mencapai misi Indonesia menjadi negera ekonomi digital terbesar di Asia.

Gerakan Nasional 1000 Startup yang diinisiasi oleh KIBAR dengan menggandeng Kementrian Komunikasi dan Informatika memiliki misi untuk menciptakan 1000 startup baru hingga tahun 2020. Hingga kini Gerakan Nasional 1000 Startup telah menginkubasi puluhan startup di 10 kota di Indonesia. Berjalan sejak 17 Juni 2016 lalu tercatat kurang lebih 350 relawan dari berbagai bidang di Indonesia telah turut membantu program ini dengan keterlibatan mereka sebagai fasilitator maupun mentor di Gerakan Nasional 1000 Startup Digital.

BACA JUGA  Google Segera Memperbaharui Play Store Agar Pengguna Lebih Mudah Mencoba Aplikasi Beta

Dengan misi yang selaras dengan Gerakan Nasional 1000 Startup Digital, diharapkan Google Developers Launchpad dapat memberikan dukungan berupa network dan resource untuk membantu startup tersebut go global.

Program pertama Google Developers Launchpad Indonesia akan dilaksanakan pada 29 sampai 31 Oktober 2017. Pada hari pertama akan ada keynote talks dari Google mengenai pengembangan produk, UI/UX, marketing dan sesi inspiratif dari para lulusan Google Developers Lauchpad Accelerator. Pada hari kedua para startup akan mendapatkan mentoring dari para Expert dan hari ketiga para mentor akan mendapat training khusus dari Google.

Untuk startup yang ingin ikut serta program ini dapat mendaftarkan tim-nya di launchpad.1000startupdigital.id

Related Posts

About The Author

From developer, become tech journalist