Google Diam-Diam Membuat OS Baru dan Bukan Berbasis Linux

new google os

Google Diam-Diam Membuat OS Baru dan Bukan Berbasis Linux – Kamu mungkin familiar dengan Android dan Chrome OS. Kamu juga mungkin sudah tahu keduanya dibangun menggunakan kernel Linux. Namun ada berita yang cukup tak terduga, dikabarkan bahwa Google sedang membangun sistem operasi baru.

Proyek yang disebut dengan Fuschia ini tidak menggunakan kernel linux yang biasa digunakan di Android dan Chrome OS melainkan benar-benar baru. Untuk sampai saat ini Google belum mengumumkan apa-apa mengenai OS ini. Namun hanya merilis rincian tentang proyek ini di Github dengan samar bertuliskan “pink + Purple == Fuchsia (a new Operating System).”

Dilansir dari Android Police, mereka menggali lebih dalam mengenai dokumentasi dari proyek ini dan menemukan beberapa informasi menarik. OS ini menggunakan kernel baru yang disebut dengan Magenta, yang dirancang untuk bersaing dengan sistem operasi IoT berorientasi seperti FreeRTOS dan ThreadX. Perbedaannya disini Magenta dirancang untuk berjalan di smartphone dan komputer desktop.

Sementara ini, bahasa pemorograman utama yang digunakan adalah Dart dan dukungan Flutter, mengindikasikan OS ini akan menggunakan Material Design sebagai antarmukanya. Flutter itu sendiri merupakan proyek baru untuk membantu developer membangun high performace (kinerja tinggi), high fidelity (ketelitian tinggi), aplikasi mobile untuk iOS dan Android dari basis kode tunggal.

Adapun platform hardware yang didukung, sampai saat ini hanya terdapat terdapat intruksi booting untuk intel NUC dan laptop Acer Switch 12. Menurut beberapa komentar dari IRC Raspberry Pi 3 juga akan segera didukung. Bagi developer yang tertarik dengan proyek ini, terdapat instruksi langkah demi langkah untuk membangunnya.

Banyak spekulasi yang berkembang dari apa yang akan dilakukan Google dengan Fushia ini. Apakah Google bermaksud mengganti kernel Linux di Android? Atau Google ingin membuat produk baru dari proyek ini? Melihat kebiasaan Google yang memberi kebebasan kepada karyawannya untuk membuat proyek kreatif di waktu luang. Bisa jadi ini merupakan hasil dari yang mereka kerjakan diwaktu luang. Dan jangan salah beberapa dari proyek waktu luang ini telah menjadi produk yang serius di Google.

Sebelum Google mengumumkan proyek ini secara resmi, kita hanya bisa berspekulasi. Menurut kamu sendiri, apa yang akan dilakukan Google dengan OS baru ini?

Dilihat 1,813 kali

Related Posts

About The Author

From developer, become tech journalist