Google Drive di Website Sekarang Mendukung Pencarian Natural Language dan Fitur Autocorrect

google-drive-logo-new

Google Drive di Website Sekarang Mendukung Pencarian Natural Language dan Fitur Autocorrect – Fitur pencarian di Google Drive mendapatkan update yang cukup signifikan, Google baru-baru ini dengan menambahkan autocorrect dan pencarian NLP (Natural Language Processing). NLP memungkinkan pengguna untuk mencari files dengan keyword yang lebih natural dan tidak formal, seperti “Ok Google” di smartphone. Sebagai tambahan, Docs mendapatkan fitur baru yaitu Kolom dan kemampuan untuk mengunduh dokumen yang sudah dikonversikan di dalam format aslinya.

Update hari ini memungkinkan pengguna untuk mencari lebih dari sekedar nama file dan kata-kata dalam dokumen. Dengan NLP, pengguna bisa mencari sebagaimana ia berinteraksi dengan orang lain secara alami. Sebagai contoh, “find my budget spreadsheet from last December” akan membawamu menuju akun tipe file dan tanggal, ketika kamu mengucapkan “show me presentations from Annisa” Drive akan menampilkan dokumen yang di-share ke akun kamu. Secara spesifik, Drive akan mengkonversi query natural ke dalam hal spesifik yang bisa kamu pilih.

nlp-gif-v2

Drive juga menambahkan fitur autocorrect yang akan menyarankan perbaikan dari typo pada saat mencari file. Kamu akan melihat hal seperti “Did you mean” di bawah kotak pencarian seperti pada Google Search. Kedua fitur sejauh ini baru tersedia di versi web, dengan hasil NLP yang semakin meningkat setiap kali kamu mencari.

autocorrect

Pengguna yang sering meng-upload file dalam format yang berbeda, Google akan mengonversinya secara otomatis. Revision History akan menjaga format aslinya dan membuatnya tersedia untuk di-download oleh pengguna. Fitur ini masih terbatas di web dan dapat ditemukan pada Docs, Sheets dan Slides. Selain itu, Docs sekarang memungkinkan kamu untuk lebih cepat menambah banyak kolom ke dokumen teks.

Dilihat 202 kali

Related Posts

About The Author

Game dan app reviewer, kontributor nyeleneh yang kadang juga nulis.