Google Family Link Bantu Orang Tua Awasi Penggunaan Gadget Android Anak dengan Usage Control

Google Family Link

Google Family Link – Google sedang mengembangkan sebuah aplikasi yang ramah bagi anak-anak pada gadget Android setelah sebelumnya upaya serupa juga sudah dijalankan seperti pengembangkan aplikasi Youtube Kids tempo lalu. Mengingat bahwa faktor kecanduan gadget itu sendiri memiliki dampak negatif pada masa pertumbuhan anak, baik itu secara psikis maupun psikologis, Google berupaya meminimalisir dampak tersebut dengan mengembangkan sebuah aplikasi yang dinamai Family Link. Untuk saat ini orangtua dapat mengikuti launching dari aplikasi ini dengan invitation yang diakses dari halaman berikut. Family Link memberikan akses bagi orangtua untuk mengontrol aplikasi apa saja yang dapat dakses oleh anak-anak pada gadget mereka, begitu juga dengan screen limit dan usage locks.

Orangtua harus terlebih dahulu menginstal aplikasi ini pada gadget yang sudah ter-install Android KitKat (4.4) dan juga untuk versi yang lebih tinggi. Selanjutnya orangtua diminta untuk mensinkronkan akun Google mereka pada gadget yang akan digunakan oleh si anak dengan spesifikasi gadget yang sudah terinstall Android 7.0 maupun versi yang lebih tinggi lagi (juga pada beberapa perangkat dengan versi Marshmallow). Setelah itu orangtua akan disuguhkan dengan pilihan pengaturan yang diinginkan pada gadget si anak.

Orangtua diberikan akses menyeluruh seperti aplikasi apa saja yang boleh di download oleh anak dari Play Store, sembari memantau berapa lama waktu yang dihabiskan oleh si anak saat menggunakan aplikasi tertentu. Laporan tentang penggunaan dapat ditampilkan tiap minggu atau bulanan. Aplikasi ini juga menyediakan batas waktu yang diperbolehkan bagi anak untuk mengakses gadget mereka, serta fitur yang akan terkunci secara otomatis pada jam tertentu.

Mengingat bahwa aplikasi ini hanya dapat diinstall pada Android 7.0 merupakan gap yang cukup besar jika dibandingkan dengan banyaknya gadget yang belum didukung dengan OS tersebut. Selain itu, kebanyakan orang tua memilih untuk membelikan tablet untuk anaknya daripada smartphone, yang mana dukungan untuk OS versi tersebut belum banyak ditemukan pada gadget tablet.

Sangat disayangkan bahwa early access ini masih terbatas bagi para orang tua yang berdomisili di USA. Google akan menanyakan early users untuk feedback tentang hal-hal yang dirasa perlu ditingkatkan sebelum akhirnya bisa di-launching secara global.

This slideshow requires JavaScript.

Dilihat 441 kali

Related Posts

About The Author

Game dan app reviewer, kontributor nyeleneh yang kadang juga nulis.