Google Hentikan Dukungan Android Developer Tools untuk Eclipse

Android Developer Tools in Eclipse

Google Hentikan Dukungan Android Developer Tools untuk Eclipse – Google hari ini mengumumkan bahwa mereka telah mengentikan dukungan dan pengembangan plugin Google Android Developer Tools (ADT) untuk IDE Eclipse. Android Studio sekarang yang merupakan IDE resmi untuk pengembangan aplikasi Android. Setelah rilis Android Studio versi 2.2 pada bulan September, Google lebih mendorong developer Android yang masih menggunakan Eclipse untuk beralih menggunakan Android Studio.

Langkah Google ini tidak begitu mengejutkan. Google sebelumnya sempat mengatakan pada bulan Juni 2015 bahwa dukungan plugin untuk IDE Eclipse akan dihentikan pada akhir 2015 namun pada kenyataannya Google memundurkannya sampai 10 bulan.

“Semua tools ADT favorit Anda kini menjadi bagian dari Android Studio, termasuk DDMS, Trace Viewer, Network Monitor, dan CPU Monitor. Kami juga telah meningkatkan aksesebilitas Android Studio, termasuk perangkat tambahan navigasi keyboard dan dukungan screen reader,” Android product manager Jamal Eason menjelaskan dalam blog Google Developers.

Melihat kebelakang plugin ADT untuk Eclipse diperkenalkan Google pada tahun 2009 sementara Android Studio pertama kali diperkenalkan pada tahun 2013.

Software open source Android Studio bisa kamu download secara gratis disini. Jika kamu ingin melihat apa saja fitur unggulan dari Android Studio bisa dilihat disini.

Android Developers, Featured Image Credit : Clive Darra/Flickr

Dilihat 467 kali

Related Posts

About The Author

From developer, become tech journalist