Google Hentikan Dukungan Aplikasi Google Drive untuk Desktop Bulan Desember

Drive File Stream

Google Hentikan Dukungan Aplikasi Google Drive untuk Desktop – Hari ini Google mengumumkan bahwa aplikasi Google Drive untuk desktop secara resmi akan dihentikan. Support untuk aplikasi Google Drive dekstop ini hanya akan sampai 11 Desember 2017, akan ditutup sepenuhnya dan tidak bisa di-download pada tanggal 12 Maret 2018.

Pengguna yang masih menjalankan aplikasi Google Drive akan mulai mendapat pemberitahuan untuk mengganti aplikasinya mulai bulan Oktober. Google akan mengarahkan pengguna untuk men-download aplikasi yang baru saja Google rilis berdasarkan apakah pengguna tersebut pengguna reguler atau pengguna Gsuite.

Tenang saja dengan dihentikan pengembangan aplikasi Google Drive untuk dekstop ini bukan berarti layanan Drive juga akan ditutup. Google kini memiliki dua aplikasi baru untuk mengakses berkas di cloud. Pertama ditujukan untuk pengguna reguler, Google menyediakan aplikasi Backup and Sync yang sekaligus menggantikan aplikasi Google Drive dan Google Photos Uploader. Cara kerja dan penggunaannya sama dengan aplikasi Google Drive.

Sedangkan yang kedua ialah aplikasi Drive File Streamer yang khusus ditujukan untuk pengguna enterprise atau Gsuite yang dirilis bersamaan dengan pengumuman dihentikannya aplikasi Google Drive.

Kelebihan kedua aplikasi baru ini, pengguna sekarang tidak perlu khawatir lagi jika hard disk mereka akan penuh karna sinkronisasi dari cloud. Berkas akan tersinkronisasi, namun tidak akan di-download jika berkas tersebut belum dibuka.

Perbedaan dari kedua aplikasi ini tidak banyak namun aplikasi Drive File Stream memang dioptimalkan untuk tim dalam perusahaan. Misalnya fitur dapat mengakses berkas di Team Drive, melakukan sinkronisasi berkasnya secara langsung. Lengkapnya mengenai perbedaannya dapat kamu lihat dibawah ini

Drive File Stream vs Backup & Sync

0
HeartHeart
0
HahaHaha
0
LoveLove
0
WowWow
0
YayYay
0
SadSad
0
PoopPoop
0
AngryAngry
Voted Thanks!

Related Posts

About The Author

From developer, become tech journalist