Google Kembangkan Program Edukasi untuk Anak Agar Aman Berinternet

Interland

Google Kembangkan Program Edukasi untuk Anak Agar Aman Berinternet – Google meluncurkan program edukasi yang dirancang untuk anak-anak belajar tentang phising, pelecehan di internet, keamanan password dan isu-isu keamanan internet lainnya.

Program yang disebut dengan “Be Internet Awesome” ini Google menyertakan kurikulum kelas dan video game bernama Interland. Game ini dikembangkan dengan bantuan dari para guru, videografer YouTube dan organisasi keamanan internet.

Program Be Internet Awesome ini gratis dan tersedia secara online. Walaupun program ini ditujukan untuk anak-anak, namun topik yang tersedia relevan untuk segala usia.

Topik bahasannya antara lain tentang bagaimana membatasi informasi pribadi ketika online, bagaimana menghindari penipuan dan serangan phising, bagaimana membuat password yang kuat, dan bagaimana menghindari perilaku negatif secara online.

Google mengatakan bahwa program ini telah sesuai dengan standar International Society for Technology in Education yang ditujukan untuk mempromosikan berbagai keterampilan cerdas dalam menggunakan teknologi.

Topik-topik yang diajarkan berupa kuis, aktivitas bermain peran, dan berbagai latihan abstrak lainnya. Misalnya untuk modul “Share with Care” anak bisa belajar dari profil media sosial orang tua dan orang dewasa di sekitarnya. Kemudian, modul “Don’t Fall for Fake/ hoax” mereka bisa menentukan apakah sebuah halaman web dan email menyajikan informasi asli atau palsu. Dan modul “It’s Cool to be Kind”, anak-anak di dorong untuk tidak menanggapi pesan yang menyinggung, membokir pesan tersebut dan melaporkannya.

Related Posts

About The Author

From developer, become tech journalist