Google Luncurkan Android Oreo Go Edition, OS yang Dioptimalkan untuk Perangkat dengan RAM Kecil

Android Oreo Go Edition

Diumumkan pada Google I/O bulan Mei lalu, akhirnya Android Go telah rampung dikerjakan. Dalam blog Google hari ini merilis secara resmi Android Go berbasiskan Android Oreo 8.1. Android Go tampaknya dikembangkan untuk menggantikan Android One yang kurang sukses dipasaran.

Android Go secara khusus dioptimalkan agar dapat berjalan di perangkat RAM 512 MB sampai 1GB. Perangkat pertama Android Go akan hadir dalam beberapa bulan kedepan.

Sistem Operasi

Google mengatakan bahwa aplikasi Android akan berjalan 15 persen lebih cepat di sistem operasi ini. Selain itu aplikasi bawaannya memakan data storage 50 persen lebih kecil.

Penggunaan data di Android Go pun lebih ketat. Google telah menyematkan tools Data Usage agar pengguna dapat mengontrol aplikasi pada yang menggunakan data secara background. Fitur Data Saver Google Chrome di Android juga diaktifkan secara default.

Android Go

Secara visual Android Go memanfaatkan keuntungan dari fitur Android Oreo yaitu Adaptive Icons jadi tampilan icon pada Android Go terlihat konsisten yang dapat di atur membulat atau bentuk kotak. Kami juga melihat Google mendesain ulang tampilan Recent View untuk membuat multitasking menjadi lebih sederhana untuk mengurangi beban penggunaan memori.

Aplikasi Google Go

Sementara itu, Google hari ini juga mengumumkan sekumpulan aplikasi versi Go, seperti Google Go, Google Assistant Go, YouTube Go, Google Maps Go, Gmail Go, Gboard, Google Play, Chrome dan aplikasi baru Files Go.

Misalnya, Google Go merupakan aplikasi yang sebelumnya bernama Google Search Lite. Aplikasi ini dapat dapat menghemat data sampai 40 persen dan berukuran kurang dari 5MB. Serta memiliki antarmuka yang fokus dioptimalkan pada interaksi yang lebih cepat.

Aplikasi Android Go
Aplikasi Android Go (Via 9to5google)

Go Play

Bagian penting terakhir dari Android Go adalah Play Store. Play Store yang khusus dikembangkan untuk Android Go ini akan merekomendasikan aplikasi apa saja yang dapat berjalan baik pada perangkat entry level. Fitur lainnya Play Store nya juga telah mendukung Play Protect dan fitur keamanan Find My Device.

Play Store on Android Go

Peluncuran Android Go hari ini berfokus untuk negara India yang dianggap sebagai rumah bagi jutaan pengguna Android berikutnya. Selain peluncuran Android Go ada beberapa peluncuran aplikasi dengan fitur khusus yang dikembangkan untuk India seperti mode sepeda motor/skuter di Google Maps.

Well, secara tidak langsung kultur dan kondisi di India kurang lebih sama dengan di Indonesia. Android Go juga akan sangat bermanfaat di Indonesia. Peluncuran ini juga untuk mendorong developer membuat aplikasi yang dioptimalkan untuk perangkat entry-level.

Related Posts

About The Author

From developer, become tech journalist