Google Luncurkan Project Treble untuk Atasi Masalah Terbesar Update Android

Android O Featured Image

Google Luncurkan Project Treble untuk Atasi Masalah Terbesar Update Android –  Menjelang Google I/O 2017, Google meluncurkan Project Treble untuk mengatasi masalah terbesar di Android. Untuk bisa sampai ke pengguna atau end user kira-kira seperti ini prosesnya

Android release flowchart

  1. Android mempublikasikan kode open source untuk rilis baru ke seluruh dunia
  2. Produsen silicon, perusahaan pembuat chip seperti Qualcomm memodifikasi rilis baru tersebut untuk perangkat keras spesifik mereka.
  3. Produsen silicon melewati rilis baru yang dimodifikasi untuk device maker. Device maker ini adalah perusahaan yang merancang dan memproduksi smartphone Android. Device maker memodifikasi rilis baru lagi sesuai kebutuhan perangkat mereka.
  4. Device maker bekerja sama dengan operator untuk menguji dan mengesahkan rilis baru tersebut
  5. Device maker dan operator membuat rilis baru tersedia bagi pengguna.

Dimulai dengan Android O, sistem operasi Android didesain ulang agar lebih mudah di update, cepat dan rendah biaya untuk para produsen atau mitra manufaktur smartphone.

Project Treble terinspirasi dari Compability Test Suite yang memungkinkan developer membuat aplikasi yang dapat bekerja pada milyaran smartphone dan tablet tanpa perlu melakukan tweak untuk setiap jenis perangkat.

Dengan arsitektur modular yang baru, Google memisahkan implementasi vendor atau spesifik perangkat. Saat ini software low level sebagian besar ditulis oleh produsen silicon dari Android OS Framework.

This is achieved by the introduction of a new vendor interface between the Android OS framework and the vendor implementation. The new vendor interface is validated by a Vendor Test Suite (VTS), analogous to the CTS, to ensure forward compatibility of the vendor implementation.

Sebelum Project Treble, banyak kode Android perlu di update dengan setiap versi sistem operasi Android yang baru. Sekarang, produsen smartphone dapat melakukan bypass update vendor chip seperti Qualcomm.

…device makers can choose to deliver a new Android release to consumers by just updating the Android OS framework without any additional work required from the silicon manufacturers.

Pembaruan Proyek Treble tampaknya tidak berlaku untuk perangkat lama. Namun sebaliknya Project Treble akan tersedia untuk semua perangkat baru yang diluncurkan dengan Android O dan yang lebih baru. Perangkat Pixel yang menjalankan O Developer Preview saat ini sudah menjalankan arsitektur Project Treble.

Google akan mempublikasikan dokumentasi lengkap mengenai Project Treble ini pada peluncuran Android O pada akhir musim panas atau sekitar bulan September.

0
HeartHeart
0
HahaHaha
0
LoveLove
0
WowWow
0
YayYay
0
SadSad
0
PoopPoop
0
AngryAngry
Voted Thanks!

Related Posts

About The Author

From developer, become tech journalist