Google Maps Hadirkan Fitur Transit untuk TransJakarta

Google Maps Transit TransJakarta 2

Google Maps Hadirkan Fitur Transit untuk TransJakarta– Hari Kamis minggu lalu (21/7) Google Maps bekerjasama dengan TransJakarta menghadirkan fitur transit. Info rute dan waktu tiba bus Transjakarta untuk koridor 1-12 sekarang tersedia secara real time di Google Maps. Artinya, kamu tidak perlu lagi menunggu bus di halte tanpa kepastian.

Di Play Store memang sudah ada beberapa aplikasi rute TransJakarta buatan pihak ketiga, namun tidak ada yang bisa memprediksi kapan datangnya bus tersebut. Apalagi kota Jakarta yang terkenal dengan macetnya, bahkan transportasi publik TransJakarta bisa macet. Direktur Ruhen Ruhela Google Maps menjelaskan kepada CNN Indonesia

TransJakarta menyediakan informasi mengenai lokasi busnya yang terpantau melalui Global Positioning Satelite (GPS) kepada Google. Kemudian, pihaknya menerjemahkan informasi tersebut dengan menggunakan algoritma sendiri untuk memprediksi kapan bus akan tiba.

Bukan tanpa alasan Google memilih TransJakarta sebagai rekanan kerjasama. Google memilih TransJakarta sebagai rekan kerjasama karena kesiapan dan infrastruktur yang sudah dibuat selama ini. Penasaran bagaimana cara menggunakannya?

Cara Menggunakan Fitur Google Maps Transit untuk TransJakarta

Misalnya kamu akan melakukan perjalanan dari Halte Harmoni menuju Benhil menggunakan bus Transjakarta

  1. Buka aplikasi Google Maps di perangkat Android, iPhone, maupun desktop.
  2. Masukkan alamat tujuan dan klik ikon berwarna biru di kanan bawah kayar.
  3. Setelah diklik, pilih ikon “Transit” (bergambar kereta). 
  4. Kamu bisa melihat berapa lama lagi bus kamu akan tiba di halte, berikut nomor koridor bus, rute, dan informasi lainnya. Rute yang memiliki informasi real time ditandai dengan warna hijau.

Google Maps Transit TransJakarta

Sekarang kamu bisa tahu kapan tepatnya bus kamu akan tiba! 🚍 Lengkapnya tentang fitur ini, silakan kunjungi www.google.com/transit.

Dilihat 1,151 kali

Related Posts

About The Author

From developer, become tech journalist