Google Maps Menambah Fitur Navigasi dan Pencarian Offline

Google Maps Offline

Google Maps Menambah Fitur Navigasi dan Pencarian Offline – Pencarian dan navigasi offline pada Google Maps merupakan hal besar yang diumumkan pada perhelatan Google I/O bulan Mei lalu. Setelah enam bulan berlalu akhirnya fitur ini dapat menjangkau semua pengguna. Google baru saja meluncurkan fitur offline pencarian dan navigasi untuk Google Maps mobile. Jadi jika kamu yang bepergian ke daerah yang sulit koneksi internetnya, kamu dapat menggunakan fitur driving direction atau penunjuk arah mengemudi secara offline.

Google mengatakan didalam blog resminya bahwa kira-kira 60 persen dari dunia tanpa internet saat ini, dan bahkan di mana akses online tersedia, masih ada titik dimana tidak ada koneksi. Itu berarti bahwa akses cepat dan mudah ke informasi masih belum mungkin bagi mayoritas penduduk. Ini adalah masalah besar, terutama karena orang berusaha untuk menavigasi dan menjelajahi dunia di sekitar mereka, sehingga Google Maps mengambil langkah-langkah untuk membantu orang di seluruh dunia menemukan arah dan mendapati di mana mereka akan pergi, bahkan ketika mereka tidak memiliki Internet koneksi.

Fitur untuk dapat menyimpan peta offline sebenarnya telah dirilis pada tahun 2012 lalu namun ini pertama kalinya  Google Maps telah diindeks untuk pencarian dan navigasi untuk fitur offline. Artinya kamu dapat menyimpan peta suatu daerah yang kira-kira sulit mendapatkan koneksi internet, kamu dapat menggunakan fitur turn-by-turn navigation penunjuk pengemudi, mencari tujuan destinasi yang lebih spesifik, mencari informasi penting suatu tempat atau bisnis, jam operasi suatu restoran atau bisnis, informasi kontak bahkan ratingnya. Untuk peluncuran awal tidak termasuk transit atau walking direction, karena pertimbangan besarnya space yang disimpan, tetapi Google mengatakan akan menambahkan fitur lebih pada versi yang akan datang.

Dikutip dari halaman resmi +GoogleIndonesia , untuk pengguna di Indonesia tenang saja fitur ini akan segera tersedia untuk wilayah di Indonesia.

Sumber : Official Google Blog

Dilihat 288 kali

Related Posts

About The Author

From developer, become tech journalist