Google Membagikan Empat Tips Agar Perangkat Android Kamu Tetap Aman

android device manager

Google Membagikan Empat Tips Agar Perangkat Android Kamu Tetap Aman – Masih memperingati Safer Internet Day, Google dalam blog resminya membagikan empat tips yang bisa pengguna lakukan untuk melindungi perangkat Android mereka agar tetap aman. Google mengatakan

Keamanan online adalah bagian penting dari kehidupan kita sehari-hari. Itu sebabnya kami membangun beberapa baris pertahanan di Android untuk membuat internet lebih aman untuk lebih dari satu miliar pengguna. Bahkan dengan lapisan perlindungan, masih tidak ada salahnya untuk mengambil beberapa tindakan pencegahan ekstra untuk menjadi super aman.

Baca Juga : Dapatkan 2GB Drive Storage Gratis dengan Memeriksa Keamanan Akun Google Kamu

Empat tips tersebut adalah sebagai berikut

1. Selalu gunakan Google Play untuk men-download aplikasi

Sebelum aplikasi buatan pengembang dipublikasikan di Google Play, tim Google terlebih dahulu menyaring dan me-review aplikasi tersebut. Semua aplikasi yang masuk di Google Play harus mematuhi semua kebijakan Google, jika tidak maka aplikasi tersebut tidak akan dipublikasikan. Aplikasi yang dianggap berpotensi membahayakan juga akan diblokir dan ditandai oleh Google. Toko aplikasi pihak ketiga belum tentu melalui penyaringan bahkan sering mengandung adware.

Review_apps_illustration
Proses review aplikasi agar dapat dipublikasikan di Google Play

2. Atur Lock Screen dan aktifkan Android Device Manager

Siapa saja dapat kehilangan ponsel, jadi penting untuk mengatur lock screen sehingga orang asing tidak dapat mengakses apa yang ada di dalam perangkat kamu. Jika ponsel kamu terlanjur hilang, kamu bisa mencoba mengetahui lokasi keberadaan ponsel kamu dari jarak jauh, mengunci, atau bahkan menghapus data didalamnya secara permanen dengan Android Device Manager. Fitur ini telah terpasang di semua perangkat Android dengan Play Store, sehingga kamu hanya perlu mengaktifkannya.

android device manager
Mengakses Android Device Manager di Web

3. Periksa apakah perangkat Android kamu terenkripsi

Enkripsi adalah penting karena melindungi data kamu yang tersimpan agar tidak mudah dibaca, jadi jika perangkat hilang atau dicuri informasi kamu tetap dilindungi. Untuk memastikan bahwa perangkat dienkripsi masuk ke Settings, plih Security, dan tekan Encrypt phone (atau Encrypt tablet) di bawah Encyption. perangkat Nexus baru, seperti Nexus 5X dan Nexus 6P, dienkripsi secara default.

4. Kelola izin (permission) pada aplikasi

Setiap aplikasi Android ditempatkan di sebuah sandbox virtual. Itu berarti, jika kamu tidak memberi itu izin tambahan, satu-satunya data yang bisa diakses aplikasi adalah data yang ada di dalamnya. Misalnya, aplikasi yang kamu install tidak dapat mengakses informasi seperti foto atau lokasi kamu kecuali kamu memberikan izin pada aplikasi tersebut.

Pada perangkat yang menjalankan Android 6.0 Marshmallow, kamu dapat mengontrol hak akses aplikasi yang diberikan dengan masuk ke Settings, tekan Apps dan pilih aplikasi yang muncul dari daftar aplikasi yang terpasang. Pada layar info aplikasi, kamu akan melihat kategori izin (permission) yang berisi daftar semua izin aplikasi memiliki akses. Klik salah satu dan kamu bisa memilih untuk mengaktifkannya atau tidak.

Apabila ada yang masih belum dimengerti kamu bisa mengunjungi halaman Android Security

Via Official Android Blog
Dilihat 578 kali

Related Posts

About The Author

From developer, become tech journalist