Google Membuka Kode Sumber AnyPixel.js yang Memungkinkan Developer Web Membuat Display Interaktif Raksasa

anypixel-js

Google Membuka Kode Sumber AnyPixel.js – Mungkin tidak banyak perusahaan teknologi besar yang suka membuka kode perangkat lunak bahkan membagi ide-ide besarnya. Kontribusi Google di dunia Open Source mungkin tidak terhitung jumlahnya sebut saja bahasa pemrograman Go, Android, Angular, Chromium, TensorFlow (Machine Learning) dan masih banyak lagi. Bahkan kamu bisa melihat berbagai macam penelitian Google yang dipublikasikan di halaman Research at Google.

Kali ini Google membuka meng-opensource-kan AnyPixels.js. Dengan AnyPixels.js orang bisa menggunakan web untuk membuat display interaktif yang “tidak biasa” menggunakan komponen apapun. Proyek yang lahir dari Creative Labs ini dipasang di lobby kantor Google di New York. Bukannya memanfaatkan layar sentuh raksasa, Google malah menggunakan 5880 buah button arcade bercahaya (tombol arcade ini yang biasa digunakan pada mesin game dingdong) yang bertindak sebagai piksel interaktif.

AnyPiksel.js terdiri dari dua bagian, perangkat keras yang dapat terlibat tergantung pada eksekusi, tetapi Google menyarankan untuk menggunakan komponen seperti saklar lampu, ligthbox bahkan balon. Apapun dang dapat menerima input bisa digunakan. Developer dapat menguji atau bermain-main dahulu pada halaman browser sebelum diterapkan pada hardware sebenarnya. Pada halaman Github dijelaskan detail bagaimana Google menerapkannya.

Komponen software di tulis dalam kode web yang sederhana. Namun pengguna mesti paham bagaimana menggambar menggunakan eleman canvas HTML. Layar besar yang dibuat Google menggunakan tombol arcade dikontrol melalui halaman web dan dapat menampikan banyak artwork yang berbeda. Pengguna juga dapat berinteraksi dan menggambar sesuatu di canvas dengan menekan tombol arcade.

Dilihat 516 kali

Related Posts

About The Author

From developer, become tech journalist