Google Membuka Kode Sumber Tools Pengukur Sentuhan dan Audio Latency pada Android dan Chrome OS

touch screen

Google Membuka Kode Sumber Tools Pengukur Sentuhan dan Audio Latency – Ketika kamu menggunakan perangkat mobile, kamu berharap untuk dapat merespon langsung ke sentuhan atau suara. Semakin cepat respon kamu merasa terhubung langsung ke perangkat.

Perintah berupa sentuhan pada layar mobile seperti smartphone memiliki proses yang sangat panjang. Termasuk di dalamnya terdapat waktu respon dari sensor sentuh dan driver. Selanjutnya, masih terdapat waktu untuk proses dari aplikasi dan proses penampilan gambar di layar smartphone.

Sama halnya dengan suara, terdapat beberapa saat waktu jeda ketika perintah suara diberikan, termasuk di dalamnya waktu dihabiskan untuk melakukan sampling untuk suara masukan, dan juga proses aplikasi serta keluaran suara.

Jeda tersebutlah yang merupakan latency, agar respon menjadi cepat seketika maka proses tersebut haruslah berjalan secara bersamaan.

Beberapa hari lalu Google mirilis kode sumber WALT Latency Timer. Sebuah tools yang digunakan tim Android dan Chrome OS untuk meminimalisis waktu jeda dari perintah berupa sentuhan pada layar sentuh dan perintah berupa suara.

Screen latency WALT

WALT merupakan turunan dari QuickStep, memiliki inovasi yang penting untuk membuat sinkronisasi antara clock (kecepatan prosesor dalam Hz) perangkat eksternal dengan perangkat Android dan Chromebook dalam waktu satu millisecond. Dengan cara ini para developer dapat untuk mengukur waktu jeda perintah dan respon dari input dan output secara terpisah.

WALT merupakan perangkat dengan komponen yang memiliki harga kurang dari USD 50. Dan untuk membuatnya, para developer dapat mengikuti langkah-langkah pada halaman GitHub.

Android Developers, Gambar ilustrasi : orcatouchscreen.com

Dilihat 252 kali

Related Posts

About The Author

From developer, become tech journalist