Google Memperkenalkan Proyek AMP (Accelerated Mobile Pages), Apa Itu Proyek AMP?

google office new logo

Google Memperkenalkan Proyek AMP (Accelerated Mobile Pages), Apa Itu Proyek AMP? – Tidak dipungkiri saat ini Smarphone dan Tablet merevolusi bagaimana cara kita mengakses internet. Saat ini sejumlah besar orang membaca berita melalui ponsel mereka. Publisher atau situs media di seluruh dunia menggunakan mobile web untuk menjangkau semua pembaca ini, Tapi sayangnya untuk memuat sebuah halaman web pada mobile terlalu lama, hal ini menyebabkan publisher atau media kehilangan banyak pembaca dan berkurangnya penghasilan publisher. Dikarenakan karena waktu muat halaman web lebih lama sehingga pembaca meninggalkan web tersebut.

Google telah berdiskusi dengan publisher dan perusahaan teknologi dunia mengumumkan sebuah inisyatif proyek open source baru yang disebut Accelerated Mobile Pages yang bertujuan untuk meningkatkan kinerja web mobile secara drastis. Dengan adanya AMP ini halaman web yang kaya akan konten video, animasi dan grafis dapat dimuat pada halaman web dalam seketika. Diharapkan dengan kode yang sama dapat bekerja di beberapa platform dan perangkat sehingga dapat muncul diperangkat manapun tidak peduali jenis ponsel, tablet atau perangkat mobile yang digunakan. Proyek ini bergantuk denganHTML AMP, framework open source terbaru yang dibangun dari teknologi web yang ada, memungkinkan website untuk membangun halaman web yang ringan.

Dilansir dari The Next Web bahwa Google telah melakukan percobaan dan hasilnya terjadi peningkatan 15 sampai 85 persen pada koneksi jaringan 3G.

Google mengumumkan bahwa hampir 30 penerbit dari seluruh dunia ikut ambil bagian proyek AMP ini. Ini adalah awal dari sebuah kolaborasi menarik antara publisher dan perusahaan teknologi, yang semuanya bersama-sama berkolaborasi untuk membuat web mobile yang lebih baik untuk semua orang. Twitter, Pinterest, WordPress.com, Chartbeat, Parse.ly, Adobe Analytics dan LinkedIn adalah satu kelompok pertama dari mitra teknologi yang berencana untuk mengintegrasikan halamannya menggunakan HTML AMP.

WordPress juga telah mengumumkan bahwa mereka akan membuat plugin sehingga semua situs menggunakan CMS ini dapat dipublikasikan menggunakan AMP. Google menekankan bahwa tools ini tidak mempengaruhi peringkat halamann web dalam hasil pencarian.

Karena ini merupakan proyek Open Source maka kode sumbernya tersedia di Github, sedangkan jika Anda ingin mencoba demo AMP ini dapat mengakses halaman ini.

Via Official Google Blog, TNW

 

Related Posts

About The Author

From developer, become tech journalist

  • asli AMP pembaruan lagi updatenya. Dan untuk di seting menjadi homepage malah ancur2an title nya. Bingung caranya gimana sih kembaliin semula title nya? ini ss nya http://prntscr.com/f4x8qx bisa bantu gan? bete asli AMP kek gini jadi ga jelas

  • Untuk konfigurasi atau setting di platform blogger gimana yah gan ?