Google Mendapat Nilai A dari Greenpeace Sebagai Perusahaan Internet Ramah Lingkungan

Google Data Center

Google Mendapat Nilai A dari Greenpeace Sebagai Perusahaan Internet Ramah Lingkungan – LSM lingkungan yang berbasis di Amsterdam, Belanda yaitu Greanpeace baru saja mengeluarkan laporan tahunan berjudul “Clicking Clean”. Greenpeace memberikan reward tahunan kepada perusahaan internet dalam hal penggunaan energi. Berada di tempat ketiga setelah Apple dan Facebook. Greenpeace memberi reward dengan nilai A kepada Google karena menggunakan energi yang terbarukan. Hal ini dapat mendorong pemerintah, utilitas dan vendor lainnya agar dapat melakukan hal yang sama.

Laporan ini khusus menempatkan fokus pada internet dan konsumsi energi yang berkaitan dengan data center dan server. Komitmen Google, Apple dan Facebook untuk menggunakan 100 persen energi terbarukan pada 4 tahun lalu menyebabkan lebih dari 20 perusahaan internet bergabung dalam usaha yang sama.

Dalam hal penggunaan energi bersih, Google dinilai 56 persen dengan mengandalkan energi gas alam sebanyak 14 persen, batubara 15 persen dan energi nuklir 10 persen untuk memenuhi konsumsi daya. Dipecah dalam beberapa kategori, Google menerima nilai tertinggi namun ada satu bagian Google mendapat nilai B. Google mendapat nilai B pada bagian Transparency. Hal ini karena Google tidak menyediakan energi campuran untuk fasilitas cloud-nya.

Google Greenpeace Report

Google menerima nilai A untuk Renewable Energy Commitment & Siting Policy (komitmen energi terbarukan dan kebijakan penentuan lokasi). Greenpeace memberi applause pada Google karena tetap menjadi perusahaan yang ramah lingkungan sekalipun ekspansi Cloud Platform-nya berkembang pesat di seluruh dunia dalam satu tahun terakhir.

Dalam hal efisiensi energi, Google menggunakan machine learning untuk mengoptimalkan operasi data center. Hal ini membuat penghemetan energi yang sangat signifikan.

Dilihat 135 kali

Related Posts

About The Author

From developer, become tech journalist