Google Mengajarkan Novel Romantis ke Mesin AI untuk Meningkatkan Bahasa yang Lebih Natural

her movie

Google Mengajarkan Novel Romantis ke Mesin AI – Selama beberapa tahun terakhir Google telah menerapkan sejumlah AI (kecedasan buatan) pada produk-produknya mulai dari pencarian intuitif dalam aplikasi foto, menciptakan thumbnail otomatis yang lebih baik di YouTube dan Smart Reply pada pesan.  Dengan kelebihan dari AI tersebut, tentunya masih banyak yang bisa dikembangkan karena melihat hasilnya yang tampak alami baik merespon lisan maupun tulisan. Maka dari itu solusi yang dibutuhkan adalah bagaimana mengajarkan AI untuk memahami dan mengolah bahasa manusia dengan baik.

Andrew Dai, seorang insinyur perangkat lunak Google telah memimpin sebuah produk dimana perusahaan mesin tersebut mengajarkan novel romatis  kepada AI. Hal ini karena perusahaan ingin mengajarkan AI tentang kemampuan bahasa yang lebih banya. Tujuannya adalah untuk membuat hasil dari aplikasi Google dan smart reply pada pesan terlihat seperti respon manusia, Andrew Dai yang memimpin proyek tersebut mengatakan kepada BuzzFeed News, “mudah-mudahan apa yang di kerjakan saat ini dan kedepan, akan menghasilkan interaksi AI yang lebih banyak bicara dan dapat memiliki gaya bahasa serta nada bicara yang lebih bervasiasi”. Karena pada dasarnya semua novel romantis memiliki cerita yang hampir sama tapi dengan kata-kata yang berbeda, dengan membaca ribuan novel-novel tersebut, AI dapat mengambil kalimat yang memiliki arti yang sama dan mendapatkan pemahaman yang lebih bernuansa bahasa.

Untuk mengajarkan novel romantis ke AI tidak sederhana, karena AI dimulai tanpa dasar pengetahun, maka dari itu untuk mengajarkan teks dari buku ke AI sama seperti membacakan sebuah buku cerita ke bayi dan berharap bayi tersebut memahaminya. Itulah sebabnya mengapa membutuhkan banyak data dari cerita novel-novel tersebut. Novel romantis yang dibutuhkan setidaknya sekitar 2.865 buah novel untuk membangun AI tersebut.

Alex Kantrwitz dari buzzFeed News bertanya “Dengan diajarkan novel tentang cerita cinta ke AI, apakah sesorang bisa jatuh cinta kepada hal tersebut?” rupanya hal itu bisa terjadi, bagaimana tidak? seperti yang dikatakan Andrew Dai, ada sebuah cerita Yunani kuno tentang seorang pria yang membangun patung wanita yang sangat cantik, saking indah dan cantik nya patung ini mengalahkan kecantikan-kecantikan manusia dan akhirnya dia pun jatuh cinta dengan patung tersebut. Jika dia bisa jatuh cinta pada patung, mungkinkan kamu tidak bisa jatuh cinta pada AI yang sudah di ajarkan novel romantis?

Dilihat 228 kali

Related Posts

About The Author

menuntut ilmu merupakan tasbih. mencari ilmu merupakan jihad. mengajarkan ilmu melapangkan jalan ke surga. mengajarkan ilmu merupakan sedekah mengajarkan ilmu merupakan taqarrub/pendekatan diri kepada Allah Swt