Google Menggunakan Kecerdasan Buatan Bernama RankBrain Pada Mesin Pencarinya

google office new logo

Google Menggunakan Kecerdasan Buatan Bernama RankBrain Pada Mesin Pencarinya – Kebanyakan orang tidak menyadari ketika Google mengupdate mesin pencarinya dengan algoritma baru. Google menggunakan algoritma baru untuk membantu pengguna menyaring miliaran situs di Web (ada 822.240 situs baru ditambahkan setiap hari) tentu perusahaan perlu untuk terus meningkatkan kemampuannya.

Bloomberg melaporkan bahwa selama beberapa bulan terakhir Google telah menguji sistem berbasis AI (Artificial Intelligence) atau kecerdasan buatan yang mereka sebut RankBrain. Tujuannya untuk membantu permintaan pengguna mengenai pencarian yang tidak pernah ditemukan sebelumnya.

Dari jutaan pertanyaan yang diterima Google setiap detik, sekitar 15 persen dari pertanyaan tersebut yang benar-benar baru untuk Google. RankBrain membantu mesin pencari lebih memahami pertanyaan ambigu, seperti, “Siapa konsumen pada tingkat tertinggi dari rantai makanan?” sampai menampilkan hasil pencarian yang bermanfaat.

RankBrain bekerja dengan menanamkan bahasa tertulis dalam bentuk matematika agar mesin pencari dapat memahami. Dalam hal ini RankBrain menebak mana kata-kata dan frase yang mirip dalam arti satu sama lain sehingga dapat membantu mempermudah permintaan untuk Google mencarinya.

Greg Corrado, seorang senior research scientist di Google mengatakan bahwa dari ratusan ‘sinyal’ yang masuk membentuk sebuah algoritma pencarian, RankBrain dengan cepat menjadi yang ketiga dan yang paling penting dalam memberikan kontribusi bagi hasil perncarian dari sebuah permintaan pencarian.

Ketika search engineer Google yang bekerja pada kata algoritma diminta untuk melihat beberapa halaman dan memprediksi mana yang akan mendapat peringkat tinggi dalam hasil pencarian Google, mereka berhasil menebak dengan benar 70 persen dari waktu. Tingkat keberhasilan RankBrain 10 persen lebih tinggi.

Penggunaan kecerdasan buatan dalam sinyal pencarian memperlihatkan bagaimana perangkat lunak dan layanan akan dibangun di masa depan. Menerapkan mesin pembelajaran memungkinkan perusahaan untuk memahami jumlah data yang berlebihan untuk melayani basis pengguna secara global.

Tetapi teknologi yang powerful ini membutuhkan banyak pekerjaan sebelum mereka berguna untuk perusahaan dan juga pengguna. RankBrain masih dalam pekerjaannya selama setahun sebelum perusahaan mulai melakukan uji coba pada lusinan pengguna dan kemudian diterapkan di seluruh Google Search.

Sumber: Bloomberg

Dilihat 697 kali

Related Posts

About The Author

From developer, become tech journalist