Google Menguji Coba Project Skybender, Drone dengan Internet Kecepatan 5G

google-americas-spaceport

Google Menguji Coba Project Skybender – Dilansir dari TNW, Google sedang menguji drone bertenaga surya di Spaceport America, pusat fasilitas New Mexico yang sebelumnya menjadi tuan rumah untuk Virgin Galactic.

Proyek, dengan codename SkyBender, bertujuan untuk menguji beberapa prototipe transceiver  dan drone menggunakan transmisi radio gelombang milimeter.

Transmisi milimeter menempati frekuensi 28 GHz dan meskipun frekwensinya lebih pendek daripada teknologi 4G saat ini, kecepatannya sangat luar biasa.

Secara teoritis teknologi gelombang milimeter dapat mentransfer beberapa gigabit data per detik, hingga 40 kali lebih dari teknologi 4G LTE saat ini .

Teknologi gelombang milimeter yang bekerja dari sebuah drone dengan ketinggian akan menjadi tantangan, tetapi Google sedang mengerjakan beberapa perbaikan potensial, seperti antena teknologi tinggi menggunakan teknologi  phased array.

Untuk saat ini, ini sangat banyak proyek teoritis. SkyBender adalah bagian dari tim kecil Google Access yang mencakup Project Loon, proyek eksperimen udara yang lain untuk memberikan internet kecepatan tinggi.

Google sudah memiliki izin dari FCC untuk melanjutkan ujicoba ini sampai bulan Juli. FCC adalah lembaga yang mengurusi masalah penerbangan di Amerika.

Via TNW
Dilihat 183 kali

Related Posts

About The Author

From developer, become tech journalist