Google Menguji Desain Material pada Penelusuran Versi Web

google search material design

Google Menguji Desain Material pada Penelusuran Versi Web – Pada Google I/O tahun 2014 yang lalu Google meluncurkan bahasa desain yang disebut Material Design, sejak itu desain material menjadi pedoman untuk semua produk Google dan secara perlahan-lahan semua produk Google menerapkan desain material.

Pertama kali implementasi desain material terjadi pada Android, kemudian butuh sedikit waktu lama transisi juga berlangsung di web. Kita juga melihat Chrome yang sedang menerapkan prinsip dari desain material ini dan sekarang sepertinya Google mulai menerapkan desain material untuk produk utamanya yaitu penelusuran.

Seperti kebiasaan Google, sebelum benar-benar diluncurkan Google mengujinya dengan beberapa pengguna. Pertama kali perubahan desain material pada mesin penelusuran Google diperlihatkan oleh pengguna Twitter dengan nama user @jay7yagi dan pengguna Reddit dengan nama user MammothCheese.

Mengingat pentingnya produk ini tidak mengherankan bahwa Google mengambil pendekatan seperti ini. Tapi mungkin kita akan melihatnya dalam beberapa minggu atau bulan mendatang.

Perubahan visual penelusuran Google tidak begitu drastis. Google pasti sudah mempertimbangkan semuanya. Warna dasarnya pun tetap dipertahankan warna putih. Sementara hasil penelusurannya tampilkan dengan desain cards (kartu) ciri khas dari desain material dengan sedikit tambahan shadow (bayangan). Sedangkan background-nya agak sedikit berwarna abu-abu.

Begitu juga dengan icon, tombol setting yang berupa icon gear disebelah kanan atas berubah menjadi icon hamburger (tiga titik yang berjajar), dan tombol search yang menggunakan latar berwarna biru dengan icon berwarna putih sekarang menggunakan latar putih dengan warna icon yang disamakan dengan warna font.

Engadget juga melaporkan yang sebelumnya kotak Knowledge Graph yang biasa di tampilkan di sebelah kanan sekarang ditampilkan di kolom utama. Perubahan desain material pada produk penelusuran Google belumlah final sampai Google meluncurkannya untuk semua pengguna.

google search design material

Dilihat 278 kali

Related Posts

About The Author

From developer, become tech journalist