Surprise! Google Merilis Android N Developer Preview Lebih Awal

Android N Developer Preview

Google Merilis Android N Developer Preview Lebih Awal – Saat ini adopsi Android 6 Marshmallow masih sangat kecil, bahkan persentasinya baru 2,3 persen dari ekosistem Android. Namun mengejutkan hari ini, mungkin banyak yang mengira bahwa Google tidak akan bicara apapun mengenai Android N sampai Google I/O 2016 pada bulan Mei nanti. Nyatanya Google merilis lebih awal Android N Developer Preview yang sayangnya hanya ditujukan untuk perangkat Nexus. Jika kamu tidak memiliki perangkat Nexus maka kamu belum bisa mencicipi Android terbaru yang masih belum diberi nama ini.

Bukan tanpa alasan Google merilis lebih awal Android N Developer Preview. Dilansir dari TechCrunch, Hiroshi Lockheimer, SVP Google untuk Android, Chrome OS dan Chromecast, menulis pada Medium hari ini bahwa tim memutuskan ingin melepaskan preview awal untuk mendapatkan lebih banyak umpan balik dari pengembang sebelumnya dalam proses dan akan dirilis final ke tangan produsen perangkat smartphone musim panas ini. Rencana Google saat ini akan merilis lima rilis preview dan akhirnya akan rilis final di Kuartal III tahun 2016 ini.

n-preview-updates

Perangkat yang akan menerima update preview ini diantaranya Nexus 6P, Nexus 5X, Nexus 6, Pixel C Nexus 9, Nexus Player, dan Android One. Namun kami belum melihat image yang ditujukan untuk perangkat Android One, mungkin akan dirilis lebih lambat karena perangkat Android One berbeda-beda disetiap negara. Untuk pengguna Nexus dapat mengunduh image Android N Developer Preview berikut berdasarkan tipe perangkat Nexus yang kamu miliki

Kamu dapat menemukan image resminya di halaman Android Preview disini. Google menyarankan untuk melakukan update melalui Over The Air (OTA) agar tetap terus mendapatkan update. Jika diupdate secara manual maka kamu tidak akan mendapatkan update secara otomatis jika update terbaru keluar.

Beberapa fitur baru di Android N ini seperti multi window (split view) yang sangat berguna untuk perangkat tablet, kemudian tampilan notifikasi dan quick setting yang didesain ulang, fitur doze yang ditingkatkan agar lebih menghemat baterai, fitur direct reply notification membuat kamu lebih cepat membalas pesan, kemudian screen zoom jadi kamu tidak akan melihat icon yang kebesaran atau kekecilan di perangkat yang bersesolusi tinggi.

Chromplex nanti akan mengulas beberapa fitur baru tersebut diartikel yang terpisah. Stay tune di Chromplex.

Dilihat 316 kali

Related Posts

About The Author

From developer, become tech journalist