Google Merilis Gboard, Keyboard yang Dipaket dengan Fitur Penelusuran

gboard for iOS

Google Merilis Gboard – Apple mengizinkan aplikasi keyboard pihak ketiga pada iPhone didukung Apple sejak iOS versi 8 pada tahun 2014. Hari ini Google melakukan hal yang sama dengan Microsoft. Google mencoba menawarkan keyboard yang lebih baik untuk pengguna iPhone. Gboard, keyboard yang diluncurkan Google pada hari ini dikemas dengan fitur penelusuran Google, pencarian gambar animasi GIF dan pengetikan gesture.

Keyboard pihak ketiga buatan Google ini terlihat seperti keyboard standar iOS, seharusnya hal ini membuat pengguna lebih familiar. Tetapi Gboard ini dipaket dengan mesin pencari terbaik saat ini yaitu Google Search.

Keyboard pihak ketiga dapat diakses dari aplikasi apapun dan Gboard memiliki fitur penelusuran Google langsung dari keyboard. Ini berarti kamu dapat mencari sesuatu di Google dari aplikasi pesan, Twitter, atau Facebook tanpa harus meninggalkan aplikasi. Google mengatakan hal ini dapat meminimalkan pengguna beralih antar aplikasi untuk melakukan copy paste. Google juga menambah fungsi Glyde seperti keyboard pada Android. Dengan ini mengetik satu jari jadi menjadi lebih cepat.

Saat ini Gboard memang hanya tersedia untuk iOS bagaimana dengan Android? Seorang pengguna bertanya di Product Hunt mengenai keyboard baru ini, Manajer Produk Bri Connelly mengatakan “Working on the best way to bring the same functionality to Android right now!”. Hal ini menunjukkan bahwa fitur penelusuran Google ini akan ditambahkan ke Google Keyboard bukan dengan merilis Gboard untuk Android.

gboard-for-android

Google Keyboard beberapa waktu lalu memperoleh update besar dengan menambahkan fitur mode one hand atau mode satu tangan, akses cepat ke emoji dan beberapa kustomisasi.

Dilihat 430 kali

Related Posts

About The Author

From developer, become tech journalist