Google Merilis Video Memperlihatkan Bagaimana Aplikasi Android Berjalan di Chrome OS

Google Play on Chromebook

Google Merilis Video Memperlihatkan Bagaimana Aplikasi Android Berjalan di Chrome OS – Salah satu pengumuman yang paling menarik pada Google I/O 2016 adalah Google Play Store akan hadir di Chromebook. Perangkat Chromebook baru-baru ini hadir secara resmi di Indonesia dan peredaran perangkatnya pun sangat terbatas. Kami biasa menggunakan Chromium OS namun kami merasakan experience yang sama dengan Chrome OS. Saat ini Chrome OS sudah bisa digunakkan secara offline, namun satu kekurangan pada Chrome OS yaitu dibatasi dengan kurangnya perangkat lunak atau aplikasi. Dengan hadirnya Play Store di Chromebook maka lebih dari satu juta aplikasi Android akan bisa di install di Chrome OS.

Beberapa waktu lalu Chromebook sempat mengalahkan penjualan Mac di AS. Ini artinya Chromebook cukup sukses di AS dan Chrome OS menjadi OS Desktop nomor dua di AS. Tidak menunggu waktu lama Chromebook secara resmi mulai tampak di Indonesia. Mudah-mudahan akan lebih banyak vendor yang menjual Chromebook di Indonesia.

Baca Juga : Daftar Chromebook yang Akan Mendapatkan Dukungan Aplikasi Android

Google baru saja merilis video potongan Google I/O yang berjudul “Coming to a Chromebook near you“. Ini merupakan video pada sesi pengumuman bagaimana aplikasi Android berjalan di Chromebook serta demo lengkap bagaimana aplikasi Android berjalan di Chromebook yang menggunakan prosesor ARM dan Intel. Menurut Android Authority, sesi pada pengumuman ini sangat ramai pada hari itu dan hanya beberapa kursi yang tersedia.

Video ini berdurasi 23 menit, dimana Google memperlihatkan keberhasilan menggabungkan dua platform yaitu Chrome OS dan Android framework. Dimana Android ini berjalan native di Chrome OS. Integrasi keduanya pun sangat mulus semua hal yang dilakukan seperti di smartphone bekerja baik di desktop. Google pun mengatakan aplikasi Android dapat berjalan penuh di Chrome OS ini seperti akselerasi grafisnya dan penggunaan input/output.

Aplikasi yang diperlihatkan lebih seperti aplikasi yang dijalankan pada tablet. Namun mungkin untuk kedepannya dengan Android N yang mendukung multi window, aplikasi Android akan lebih cocok untuk desktop. Dengan Chromebook yang juga mendukung layar sentuh, experience seperti smartphone juga bisa didapatkan.

Silakan kamu tonton video berikut ini dan menurut kamu bagaimana? Berikan komentar kamu dibawah ini.

Dilihat 563 kali

Related Posts

About The Author

From developer, become tech journalist