Google Mulai Uji Coba Android Instant Apps untuk Kalangan Terbatas

Instant Apps

Google Mulai Uji Coba Android Instant Apps untuk Kalangan Terbatas – Salah satu kejutan besar yang diumumkan Google pada event I/O tahun lalu ialah Instant Apps untuk Android. Hal ini untuk membantu menjembatani gap antara aplikasi web dan aplikasi native. Idenya ialah dengan memecah aplikasi native kedalam paket yang sangat kecil. Karena sangat kecil, aplikasi tersebut dapat dijalankan seketika dan tanpa harus membuka Play Store ketika kamu tap URL tersebut.

instant apps android

Sekarang, lebih dari setengah tahun setelah Google mengumumkan fitur ini, Instant Apps sedang di ujicoba Google untuk kalangan terbatas. Google mengatakan bahwa mereka telah bekerjasama dengan sejumlah kecil developer untuk menguji pada beberapa pengguna dan developer berpengalaman selama beberapa bulan terakhir. Hasilnya, dari uji coba tersebut telah ada beberapa Instant Apps yaitu BuzzFeed, Wish, Periscope dan Viki.

Instant Apps Instant Apps

Untuk developer, membangun Instant Apps tidak semudah menambahkan dukungan AMP (Accelerated Mobile Pages) ke situs web. Pertama mereka harus me “modularize” aplikasi mereka menjadi paket kecil agar dapat dijalankan dengan cepat dan tanpa akses penuh ke aplikasi.

Google SDK yang mendukung Instant Apps untuk Android akan dirilis dalam beberapa bulan mendatang. Tapi jika kamu developer ingin mempelajari lebih dahulu sebelum fitur ini dirilis, kamu dapat mengunjungi halaman ini.

Dilihat 395 kali

Related Posts

About The Author

From developer, become tech journalist