Google Play Service Akan Berhenti Mendukung Android 2.3 Gingerbread Awal 2017

google-play-services

Google Play Service Akan Berhenti Mendukung Android 2.3 Gingerbread – Rilis pada bulan lalu, Google Play service 10.0.0 akan menjadi yang terakhir mendukung Android 2.3 Gingerbread. Google mengatakan akan memberikan dukungan yang lebih baik untuk perangkat yang lebih baru dengan menghentikan dukungan versi Android yang telah berumur 6 tahun dan hanya digunakan 1,3 dari persen total pengguna. Sederhananya, perangkat yang masih menggunakan Android Gingerbread ini tidak akan lagi menerima update aplikasi.

Mulai awal tahun 2017 dengan Google Play service 10.2.0, dukungan minimum level API akan ditingkatkan dari level 9 sampai 14 (Android 4.0.1 Ice Cream Sandwich).

Play service adalah library yang menyediakan banyak fitur untuk kebutuhan aplikasi. Dengan menghentikan dukungan ini, Google dan developer akan lebih fokus meningkatkan kemampuan pada versi Android yang lebih baru dan tidak lagi harus memastikan kompabilitas atau dukungan untuk perangkat Android yang lebih tua.

Google merekomendasikan agar developer menggunakan minimal level API 14 yang digunakan untuk mengembangkan aplikasi. Aplikasi yang mengikuti guideline ini tidak akan lagi dapat memberikan update untuk perangkat yang lebih tua. Namun pengguna masih dapat men-download versi paling baru yang terakhir dipublikasikan dari aplikasi yang menargetkan perangkat mereka.

Solusi alternatif lainnya ialah dengan mem-build beberapa APK untuk mendukung perangkat yang lebih tua, tetapi hal ini akan memerlukan lebih banyak waktu dan tenaga bagi developer. Jika masih ingin mendukung perangkat yang lebih tua, lebih di rekomendasikan untuk menargetkan versi Android yang masih memiliki market share yang cukup besar.

Manurut stasistik distribusi Android terbaru, Gingerbread dan Ice Cream Sandwich diadopsi 1,3 persen, masih lebih banyak daripada adopsi Android Nougat 7.0 yang hanya 0.3 persen. Pilihan ini ini kembali lagi kepada developer.

Dilihat 3,475 kali

Related Posts

About The Author

From developer, become tech journalist