Google Prompt Baru Membuat Login Menjadi Lebih Mudah

google-prompt-two-factor

Google Prompt Baru Membuat Login Menjadi Lebih Mudah – Agar akun kamu tetap aman Google telah menyiapkan otentikasi dua faktor atau dua langkah. Namun tidak semua pengguna mengaktifkannya padahal ini dapat membuat akun pengguna lebih aman. Sebagian pengguna menganggap otentikasi dua faktor ini membuat ribet. Sepertinya persepsi itu mulai diubah Google dengan membuat otentikasi dua faktor menjadi lebih sederhana.

Dengan Google Prompt baru pengguna hanya cukup melakukan tap “Yes, allow sign-in” untuk menyetujui melakukan login tanpa harus direpotkan mengetik password secara manual. Tampilan barunya pun sederhana hanya menampilkan nama kamu, gambar profil, kota dimana kamu mencoba login, dan jenis perangkat yang kamu gunakan.

Pada Android, Google Prompt built in sebagai bagian dari Google Play Services dan di iOS membutuhkan aplikasi Google Search agar dapat bekerja. Cara kerjanya pengguna iOS nantinya akan menerima notifikasi sederhana yang mengarahkan mereka untuk membuka aplikasi Google. Sedangkan pada Android Prompt ditampilkan dengan pop up berupa dialog sistem.

Untuk mengaktifkan otentikasi dua faktor pengguna dapat membuka halaman My Account kemudian pilih Google prompt dibawah Sign-in & Security > Signing in to Google > 2-Step Verification. Google memberi catanan bahwa pengguna tidak dapat menggunakan kunci keamanan (security key) dan Google prompt pada waktu yang sama.

Pengguna Android memerlukan versi terbaru dari Google Play untuk menggunakan fitur ini. Google mengatakan fitur ini akan tersedia dalam 3 hari kedepan.

Dilihat 2,738 kali

Related Posts

About The Author

From developer, become tech journalist