Google Rilis Aplikasi Baru Trips, Tidak Perlu Bingung Ketika Traveling

google-trips-featured-image-chromplex-2

Google Rilis Aplikasi Baru Trips – Google hari ini merilis aplikasi baru yang dinamakan Trips, aplikasi ini berfungsi sebagai perencana perjalanan dan panduan perjalanan bagi siapa saja yang ingin menjelejahi tempat baru. Aplikasi ini gratis dan tersedia untuk Android dan iOS.

Trips akan mengatur tiket pesawat maupun pemesanan hotel, menawarkan panduan editorial untuk lebih dari 200 kota, dan rekomendaasi personalisasi berdasarkan Google history kamu. Menariknya aplikasi ini bisa bekerja secara offline, namun kamu harus men-download-nya terlebih dahulu sebelum kamu menjelajah ke tempat tersebut, seperti peta perjalanan. Fitur offline ini akan sangat bermanfaat untuk kamu yang memiliki tujuan perjalanan di kota yang mungkin akan sulit mendapatkan akses internet.

“Trips adalah puncak dari lebih dari dua tahun bekerja meningkatkan produk Google travel”, kata Richard Holden, Vice President of Product Management Google dalam sebuah wawancara oleh TheVerge. Dalam beberapa bulan terakhir Google memperkenalkan Destinations, sebuah fitur perencanaan perjalanan didalam penelusuran mobile dengan peningkatan pencarian hotel dan juga penerbangan.

Cara kerjanya, Trips membutuhkan akun login Google kamu. Setelah login, Google Trips akan menampilkan list kota yang ingin kamu kunjungi. Ketuk salah satu tujuan kota untuk perjalanan kamu yang akan datang dan kamu akan melihat tampilan grid atau kotak warna-warni. Terdapat beberapa pilihan seperti Reservations, Things to do, Saved places, Day plans, Food and Drinks.

Reservations berisi informasi mengenai tiket penerbangan dan hotel atau rental mobil yang telah kamu pesan, informasi yang ditampilkan cukup lengkap seperti bagaimana menuju pusat kota dari bandara, nilai tukar mata uang lokal dan apa yang mesti kamu lakukan ketika dalam keadaan darurat. Perlu diketahui data ini diambil dari akun Gmail kamu.

Inti dari aplikasi ini adalah fitur Things to do, fitur ini kamu dapat membuat rencana tempat tujuan perjalanan di kota tersebut, seperti mengunjungi tempat populer dikota tersebut, mengunjungi tempat yang sebelumnya telah kamu beri bintang atau simpan di layanan Google Maps. Tentu saja kamu dapat menyarankan tempat baru dengan memilih Suggest an attraction pada tombol menu.

Google Trips

Jika kamu mendapatkan koneksi internet, Trips otomatis akan memberikan informasi realtime mengenai tempat tujuan apakah masih buka atau tutup. Trips juga akan melakukan penyesuaian berdasarkan waktu, hari dan cuaca pada saat itu apakah sedang keadaan hujan atau cerah. Jika keadaan hujan, aplikasi akan menyarankan untuk beraktifitas didalam ruangan atau indoor. Dan jika kamu tidak puas dengan apa yang disarankan Google kamu dapat memilih tombol tambah pada Day Plans, kemudian tap tombol merah “magic wind” dan Google akan menawarkan kamu tempat yang paling disoroti secara acak di kota tersebut.

Terakhir jika kamu merasa lapar dan ingin mencari tempat makan kamu bisa mencari tempat makan yang kamu inginkan di fitur Food and Drinks. Informasi yang ditampilkan pun cukup lengkap berdasarkan data dari Google Maps. Kamu bisa melihat tempat makan terdekat di kota tersebut, berapa jarak yang menuju kesana bahkan review dari pengunjung yang pernah kesana.

Google Trips

Secara keseluruhan aplikasi ini sangat bermanfaat buat kamu yang suka bepergian apalagi untuk yang pertama kali mengunjungi kota atau daerah tersebut. Kamu tidak perlu merasa bingung atau khawatir ketika mengunjungi tempat tersebut dengan rekomendasi yang diberikan Google. Hanya saja data yang ditampilan memang berasal dari semua rekaman dari Google history, seperti Maps, Google Search, bahkan Gmail kamu. Dari satu sisi rekaman itu sangat berguna untuk memberikan rekomendasi. Di sisi lain bagi pengguna yang sangat sensitif dengan privasi mungkin tidak setuju dengan aktifitas yang direkam oleh Google.

Baca Juga : Begini Cara Mendengarkan dan Menghapus Voice History Kamu pada Google Now

Secara tidak langsung ketika kamu menggunakan produk Google, berarti kamu telah setuju dengan TOS atau persetujuan penggunaan layanan Google. Intinya di era online saat ini tidak ada hal yang tidak bisa direkam atau disalah gunakan. Untuk itu pengguna harus lebih bijak dalam menggunakan layanan online di dunia internet. Share apa yang perlu dibagikan dan jangan share yang tidak perlu dibagikan. Tertarik mencoba? Silakan download aplikasi ini di Play Store untuk Android dan App Store untuk iPhone.

Dilihat 501 kali

Related Posts

About The Author

From developer, become tech journalist