Google Rilis Invisible reCAPTCHA, Pengguna Tidak Perlu Lagi Mencentang Kotak Checkbox

Google reCAPTCHA

Google Rilis Invisible reCAPTCHA – Sekitar 3 bulan lalu Google membuat teaser berupa gambar kucing pada halaman Google reCAPTCHA. Teaser tersebut menunjukkan bahwa Google sedang mengembangkan algoritma baru untuk reCAPTCHAnya. Kini reCAPTCHA telah mendapat pembaharuan, pengguna tidak perlu lagi mencentang kotak checkbox atau harus mengklik gambar puzzle jika algoritma ragu yang mengakses halaman tersebut robot atau manusia.

Bisa dibilang CAPTCHA (Completely Automated Public Turing test to tell Computers and Humans Apart) tidak mendapat pembaharuan sejak beberapa tahun belakangan. Teknologi ini memang membantu untuk menghalau robot dan spammer yang mencoba login. Namun cukup membuat frustasi karena pengguna harus menebak angka atau huruf dari gambar yang berantakan.

Sebelumnya reCAPTCHA versi 2 cukup menyederhanakan proses yang ribet, karena cukup mencentang kotak checkbox saja. Nah pada Invisible reCAPTCHA ini dapat mengurangi interaksi manusia. Google tidak menjelaskan bagaimana detail cara kerjanya, Google hanya mengatakan bahwa sistem ini menggunakan kombinasi machine learning dan advanced risk analysis yang dapat menyesuaikan dengan ancaman baru yang muncul.

Invisible reCAPTCHA akan bekerja secara background, jadi sebagian besar pengguna tidak akan melihat CAPTCHA sama sekali, bahkan label “Aku bukan robot” dan checkbox. Namun jika sistem menandainya mencurigakan, maka reCAPTCHA akan menampilkan gambar puzzle seperti biasanya.

Dilihat 332 kali

Related Posts

About The Author

From developer, become tech journalist