Google Rilis Omnitone, Software Open Source untuk Menggabungkan Audio Spasial ke Dalam Web

spatial

Google Rilis Omnitone Software Open Source untuk Menggabungkan Audio Spasial ke Dalam Web – Hari ini Google mengumumkan bahwa mereka meng-opensource-kan software atau perangkat lunak lunak Omnitone. Ini merupakan sebuah software yang dapat digunakan developer untuk menggabungkan audio spasial ke dalam website. Software ini sekarang telah tersedia di Github dengan lisensi Apache.

Jika kamu pernah bermain game sejenis First Person Shooter di PC. Kamu pasti pernah mendengar suara ledakan yang terdengar dari arah samping kiri, kanan, depan atau belakang. Nah seperi itulah audio spasial.

Google telah memposting contoh dua video yang menampilkan audio spasial dengan Omninote. Bukan video perang seperti dalam game First Person Shooter melainkan video musik orchestra. Untuk menikmati pengalamannya kamu diharuskan menggunakan headphone atau headset. Karna video yang disajikan berupa sudut 360 derajat, kamu bisa memutar video tersebut. Kamu akan merasakan pengalaman audio yang terdengar seperti di depan, belakang atau samping.

Software ini sepenuhnya ditulis dalam bahasa pemrograman JavaScript. Omnitone dapat memecah kode audio untuk dikirim ke dekstop. Namun saat ini masih belum bekerja di perangkat mobile atau headset virtual reality. Omnitone memang mengikuti spesifikasi audio spasial Google, bukan hanya dapat dijalankan di Chrome tetapi juga dapat berjalan di browser lain seperti Microsoft Edge dan Apple Safari.

Strategi dengan meng-opensource-kan proyek ini merupakan langkah yang berarti bagi Google. Perusahaan ini memiliki basis di internet, jadi wajar saja jika Google ingin memastikan media virtual reality dapat hadir di web dan konten video 360 derajat. Berikut link dua video 360 derajat dengan audio spasial http://googlechrome.github.io/omnitone/#gallery

VentureBeat, Google Open Source Blog, Featured image by affordableaudio.biz

Dilihat 214 kali

Related Posts

About The Author

From developer, become tech journalist