Google Rilis PhotoScan, Digitalisasikan Foto-Foto Lama Kamu

photoscan

Google Rilis PhotoScan Digitalisasikan Foto-Foto Lama Kamu – Kamu pasti punya foto-foto lama hasil dari kamera yang menggunakan film. Bisa jadi itu foto-foto ketika kamu kecil atau foto kenangan orang tua kamu ketika masih remaja. Pada era tersebut mungkin belum banyak kamera digital seperti saat ini. Kalaupun ada pada zaman tersebut mungkin harganya tidak murah.

Akan sangan repot jika kamu harus memindai atau scan foto tersebut satu persatu. Jika kamu foto langsung mungkin kualitasnya akan kurang baik karena glare atau silauan yang muncul pada hasilnya. Kemarin Google merilis aplikasi baru bernama PhotoScan, aplikasi terpisah ini dikembangkan oleh tim Google Photos dan tersedia untuk platform Android dan iOS.

Cara menggunakannya cukup mudah, buka aplikasi dan PhotoScan akan secara otomatis mendeteksi bingkai, meluruskan foto, memutarnya ke rotasi yang akurat, dan menghilangkan “silau” yang suka muncul saat kamu memotret foto dengan smartphone. Semua foto yang sudah dipindai dapat disimpan dengan sekali tap saja ke Google Photos, untuk diorganisasi, dicari, dibagi, dan disimpan ke Google Drive secara gratis.

Besamaan dengan perllisan aplikasi PhotoScan, Google juga meluncurkan 3 fitur baru untuk Google Photos agar hasil PhotoScan bisa lebih baik lagi. Dikutip dari halaman resmi blog Google Indonesia berikut 3 fitur tersebut

  • Pertama, Auto Enhance:  Pilih Auto, dan Google Photos akan secara otomatis menyeimbangkan exposure dan saturation untuk membuat detail foto lebih nyata.
  • Kedua, 12 filter yang dikembangkan menggunakan machine intelligence, di mana foto kamu akan secara otomatis dianalisa dan diperbaiki sesuai kekurangan dan kelebihan foto yang kamu pilih, seperti brightness, darkness, warmth, atau saturation, sebelum filter diaplikasikan.
  • Ketiga, kontrol untuk Light dan Color, di mana Anda bisa bermain dengan highlights, shadows, dan warmth. Deep Blue, misalnya, akan sangat ideal untuk foto lautan atau langit.

filters-animation-google-photos

Aplikasi PhotoScan sudah bisa kamu download sekarang di Play Store dan App Store. Sementara untuk fitur baru Google Photos, silakan kamu update melalui Play Store atau App Store.

Dilihat 432 kali

Related Posts

About The Author

From developer, become tech journalist