Google Sedang Membuat Keyboard Khusus untuk iOS?

google logo

Google Sedang Membuat Keyboard Khusus untuk iOS – Menurut laporan dari The Verge, Google sedang membuat keyboard sendiri untuk iOS dan telah mengerjakannya selama sebulan, meskipun tidak jelas kapan keyboard tersebut akan dirilis. Laporan tersebut juga mengatakan beberapa fitur sedang dikerjakan dan diuji oleh karyawan Google.

Keyboard Google ini akan berbasis gesture seperti SwiftKey dan Swipe yang telah tersedia untuk iOS. Selajutnya konon keyboard ini akan menggunakan fitur word prediction atau prediksi kata seperti keyboard built-in iOS.

Mengingat bahwa Google adalah perusahaan mesin pencari, kemampuan untuk melakukan pencarian dengan cepat akan tersedia di keyboard. Pengguna akan dapat menekan logo Google di keyboard untuk langsung melakukan pencarian di web. Diduga nantinya akan ada fitur builtin GIF dan fungsi pencarian gambar yang didukung Google Image Search.

Motif Google untuk merilis keyboard cukup jelas. Apalagi dengan adanya tombol shortcut Google pada keyboard tentu akan mendorong lebih banyak pengguna untuk menggunakan layanan pencariannya.

Satu hal yang harus diingat bahwa keyboard pihak ketiga tidak pernah sangat populer di iOS. Dukungan untuk keyboard pihak ketiga ditambahkan di iOS 8, tetapi banyak pengguna telah memilih untuk tetap dengan keyboard bawaan dari Apple. Apakah Google mampu membuat aplikasi tersebut populer? Dengan fitur built-in GIF dan pencarian gambar, belum lagi sejarah Google yang membuat aplikasi berkualitas untuk iOS, sepertinya terdegar sangat menggoda.

Via The Verge
Dilihat 181 kali

Related Posts

About The Author

From developer, become tech journalist