Tidak Hanya Cardboard, Google Sedang Mengerjakan Headset dan Android VR

google cardboard

Google Sedang Mengerjakan Headset dan Android VR – Bukan rahasia lagi Google serius di Virtual Reality (VR). Beberapa waktu lalu Google banyak merekrut karyawan dan membuat tim desain khusus untuk divisi virtual reality. Dilaporkan oleh Financial Times bahwa Google akan membuat headset VR mereka sendiri.

Berbeda dengan Cardboard yang terbuat dari kardus, headset VR yang akan dibuat kali ini akan sedikit lebih mahal dari Cardboard menggunakan sensor yang lebih baik, lensa dan plastik yang lebih solid. Headset tersebut akan diluncurkan akhir tahun ini, akan bersaing langsung dengan Samsung Gear VR, di mana smartphone pengguna memberikan sebagian besar kekuatan untuk unit. Sampai sekarang, Google Cardboard hanya mengandalkan sensor dibangun pada smartphone untuk mendeteksi posisi kepala pengguna, sementara headset baru Google ini akan datang dengan sensor gerak tambahan yang akan membuat pengalaman VR menjadi lebih halus.

Berita besar di sini adalah tidak hanya headset, Google dikabarkan akan mengungkapkan teknologi Android VR yang juga baru. Android VR akan membawa kompatibilitas VR langsung ke sistem operasi Android, yang akan memungkinkan pengembang untuk lebih mudah menulis aplikasi VR serta dapat mengurangi latency.

Menurut laporan itu, Google kemungkinan akan mengambil pendekatan yang sama dengan headset dan platform Android VR seperti halnya dengan perangkat Nexus-nya. Hardware unggulan akan dapat memperlihatkan kemampuan terbaru untuk platform, sementara pengembang akan dapat mengambil keuntungan dari perangkat lunak untuk menciptakan produk VR mereka sendiri.

Google belum mengomentari rumor perangkat lunak atau perangkat keras ini tetapi kemungkinan headset dan Android VR akan diperkenalkan preview-nya di Google I/O 2016 pada bulan Mei nanti.

Via The Financial Times
Dilihat 216 kali

Related Posts

About The Author

From developer, become tech journalist