Google Buka Pendaftaran Program Summer of Code 2018 untuk Mahasiswa

google-summer-of-code-2018

Kamu aktivis atau pengerak komunitas Open Source dan memiliki kemampuan koding? Mungkin kamu sekarang saatnya ikut berkontribusi menyumbang kode di project Open Source melalui program Google Summer of Code.

Program Google Summer of Code yang sudah berjalan ke 14 kalinya ini ditujukan untuk mahasiswa yang ingin terlibat dalam pengembangan perangkat lunak Open Source. Menurut Google organisasi Open Source yang telah ikut serta saat ini ada 212 organisasi. Mungkin kamu telah familiar dengan organisasi seperti Debian, Apache, Gnome, KDE, Eclipse dan sebagainya.

Di program ini mahasiswa yang terpilih proposal project-nya akan dibimbing oleh mentor dari organisasi yang kamu pilih selama 3 bulan. Peserta yang menyelesaikan program sampai akhir nantinya akan mendapatkan uang saku dari Google. Untuk peserta dari Indonesia yang mampu menyelesaikan program sampai akhir akan mendapatkan uang saku sebesar USD 2400.

Apa manfaatnya ikut program ini selain mendapat uang saku? Menurut Google, peserta yang telah ikut pada program sebelumnya mengatakan bahwa mereka dapat mempertajam skill teknis mereka, meningkatkan kepercayaan diri apalagi terlibat dengan mentor global, memperluas jaringan professional dan tentu saja menambah portofolio untuk CV kamu.

Selain itu tujuan dari program GSoC ini

  • Membawa lebih banyak developer yang berkontribusi menyumbang kode yang bermanfaat untuk banyak orang.
  • Menginspirasi developer muda untuk mulai berpartisipasi dalam pengembangan perangkat lunak open source.
  • Memberikan mahasiswa pengalaman nyata dalam pengembangan perangkat lunak Open Source seperti bagaimana mendistribusikan pengembangan, mengenal VCS, memahami lisensi perangkat lunak, dan sebagainya)

Bagaimana membuat proposal yang baik hingga diterima project kamu oleh organisasi yang kamu pilih, mungkin kamu bisa menonton video berikut ini

Jika kamu mahasiswa diatas 18 tahun baik D3, S1, S2 atau bahkan S3 bisa ikut serta dalam program ini dengan mengirim proposal sebelum tanggal 27 Maret 2017 di https://summerofcode.withgoogle.com/. Organisasi apa yang ingin kamu pilih bisa lihat di https://summerofcode.withgoogle.com/organizations/. Sebagai inpirasi project apa yang ingin kamu buat, kamu bisa melihat project-project peserta sebelumnya di document ini.

Sejak tahun 2005 ternyata sudah ada 23 mahasiswa Indonesia dari berbagai universitas yang telah mengikuti program ini sebagai peserta dan 7 orang yang terpilih sebagai mentor dari berbagai universitas termasuk yang kuliah di luar negeri seperti di Singapura, Jerman, Wina.

Kami menemukan data menarik bersumber dari halaman ini. Bahwa pada tahun 2015 hanya 1 mahasiswa yang ikut serta program ini, sementara dari India 335 mahasiswa. Dan pada tahun 2016 tidak ada peserta dari Indonesia sedangkan India ada 454 peserta. Yuk, pada tahun ini harus ada lebih banyak mahasiswa Indonesia yang ikut serta dalam program ini. Program ini mungkin bukan sekedar untuk menambah portofolio ataupun uang saku namun dapat mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional dengan banyak keterlibatan di proyek Open Source.

Referensi lain

Dilihat 1,155 kali

Related Posts

About The Author

From developer, become tech journalist