Tasks, Aplikasi To Do dari Google untuk Android dan iOS

Google Tasks

Bersamaan dengan diumumkannya perubahan baru Gmail kemarin (24/04/2017), Google memperlihatkan salah satu fitur yang terintegrasi dengan Gmail yaitu Tasks. Tasks memang bukan produk baru namun telah ada. Tidak tahu persis kapan produk ini dirilis, yang pasti tampilan Google Tasks versi web tidak pernah mendapat pembaharuan dengan interface aplikasi web ala Google tahun 2000-an.

Google Tasks
Google Tasks versi web

Sepertinya Google mulai memperbaiki Tasks dimulai dengan integrasinya di Gmail. Tampilan Tasks di Gmail terlihat menggunakan material design. Terlihat modern jika dibandingkan dengan versi web.

Ternyata Google tidak hanya menambah integrasi Tasks dengan Gmail namun juga mengeluarkan aplikasi tersendiri untuk Android dan iOS pada 24 April yang lalu. Google Tasks sama dengan aplikasi to-do yang tersedia di Play Store. Bahkan Microsoft dengan divisi Garage membuat aplikasi yang sama bernama Microsoft To-Do.

Tampilan Google Tasks di Android sangat bersih dan sederhana dengan Material Design versi terbaru. Semoga kita akan banyak mendengar mengenai Material Design ini pada Google I/O 8 Mei nanti.

Sebenarnya fitur to-do milik Google telah ada di Google Keep. Namun sepertinya Google Keep lebih cocok untuk menyimpan catatan dibandingkan to-do. Dengan Tasks kamu bisa membuat Task bahkan Sub-task untuk memudahkan pengkategoriannya. Kamu juga bisa menambah deskripsi agar lebih jelas maksud task yg sudah kamu buat.

Satu fitur yang penting kamu bisa menambah reminder kapan task tersebut mesti kamu selesaikan. Jika kamu merasa harus memisahkan daftar task berbeda kamu bisa menambah list baru yang tersedia pada menu hamburger pada bagian sudut kiri.

Aplikasi ini memang masih sangat sederhana dan masih perlu adanya beberapa peningkatan. Misalnya seperti integrasi dengan Google Calendar yang di-request oleh banyak pengguna. Dimana task atau reminder yang sudah pernah dibuat di Google Calendar dapat tersinkronisasi.

Selain itu Google Tasks masih belum bisa menambahkan widget dihalaman home screen Android. Hal ini akan membantu agar to-do lebih terlihat dan mudah diakses seperti Google Keep.

This slideshow requires JavaScript.

Jika kamu tertarik mencobanya kamu bisa mengunduh aplikasi Google Tasks dibawah. Sementara untuk pengguna iOS bisa mengunduhnya disini.

Dilihat 204 kali

Related Posts

About The Author

From developer, become tech journalist