Google Temukan 5 Fakta Perilaku Penggguna Internet Indonesia Selama Ramadhan

51.-Kubah-Masjid-Jakarta

Google Temukan 5 Fakta Perilaku Penggguna Internet Indonesia Selama Ramadhan – Google bekerja sama dengan Gfk melakukan penelitian guna memahami perilaku pengguna internet Indonesia selama bulan Ramadhan.

Saat ini 61% penduduk di Indonesia menggunakan smartphone dengan rata-rata penggunaan 5,5 jam dalam sehari. Mereka menemukan fakta bahwa pada bulan Ramadhan ada peningkatan traffic mengenai belanja online antara pukul 3 pagi sampai 6 pagi terutama pada jam-jam sahur. Peningkatan tersebut naik 152%.

from-fast-to-feast-IN_graph2

Selain itu ada fakta lain berdasarkan penelitian Google bersama Gfk

  • Pada siang hari, terjadi peningkatan signifikan konsumsi sejumlah game mobile, seperti Subway Surfers, Pou, and Clash of Clans.
  • Sekarang terjadi pergeseran tayangan konsumsi TV, yang dahulu penduduk lebih suka menonton didepan TV sekarang Youtube manjadi primadona. Konsumsi YouTube untuk hiburan selama Ramadhan, khususnya di malam hari, naik 15% terutama melalui perangkat mobile. Kebanyakan dari mereka mengkonsumsi video clip musik religi dan serial TV populer.
  • Mendekati Idul Fitri atau Lebaran, traffic ke layanan e-commerce justru tidak kunjung turun. Bukalapak dan OLX malah melaporkan terjadi akses tertinggi mendekati masa liburan Lebaran.
  • Kebiasaaan penduduk Indonesia yang suka mudik. Google menemukan fakta pada waktu dua minggu (H-14) hingga seminggu (H-7) sebelum Lebaran, pencarian di mesin pencari Google didominasi pencarian layanan penyedia tiket, terutama tiket kereta api, melalui perangkat mobile. Kenaikannya disebutkan mencapai hingga 72%. Kamu bisa melihat micro moment, kata kunci apa yang paling sering di cari selama Ramadhan disini.

Fakta-fakta tersebut bisa digunakan bagi pelaku startup atau bahkan membuka peluang baru yang dapat dimanfaatkan selama momentum Ramadhan.

Think with Google APAC, Featured image credit: kubahindah.com

Dilihat 815 kali

Related Posts

About The Author

From developer, become tech journalist