Google Timelapse Memperlihatkan Perubahan Permukaan Bumi Selama 32 Tahun

Google Timelapse

Google Timelapse Memperlihatkan Perubahan Permukaan Bumi Selama 32 Tahun – Diluncurkan pada tahun 2013, Timelapse adalah sebuah maps atau peta yang dapat di-zoom dibangun diatas Google Earth Engine. Timelapse  memperlihatkan bagaimana sebuah area permukaan bumi telah berubah sejak tahun 1984 hingga 2016. Baru-baru ini Program Manager Google Earth Engine, Chris Herwig, mengumumkan melalui blog resmi Google bersumber dari 9to5google, bahwa mereka menambahkan beberapa petabyte data baru, serta penambahan citra selama 4 tahun yang dibuat untuk menampilkan pemandangan bersejarah Bumi yang tertajam dari yang pernah ada.

Dilansir dari 9to5google, aplikasi Timelapse berbasis web yang pada dasarnya memiliki kesamaan dasar Maps UI. Perbedaannya Timelapse akan memperlihatkan area tertentu dengan memutar sebuah video timelapse yang memuat sekitar 5 juta citra satelit mulai dari 32 tahun lalu. Terdapat tombol play/pause dan speed control, serta scrubber yang berguna untuk mengatur pilihan.

Yang sangat mengesankan, proses pembuatan timelapse permukaan Bumi ini dilakukan Google dengan memilih dan mencocokkan gambar sebanyak 3 quadrillion pixel untuk membuat citra lebar planet pada masing-masing tahun. Tetapi proses ini cukup terbantu dengan memanfaatkan update terbaru Google Maps dan Earth yang telah dirilis sebelumnya pada Juli lalu. Hal ini memberikan hasil kesan warna yang lebih nyata dan gangguan artefak yang lebih sedikit. Update terbaru lainnya adalah penambahan gambar dari dua satelit yang baru diluncurkan yaitu: Landsat 8 milik USGS/NASA dan satelit Sentinel-2 milik Eropa.

3.95 terapixel citra global ini kemudian dikodekan kedalam 25,000,000 lebih video tile multi-resolusi yang tumpang tindih agar dapat di perbesar dan mem-panel timelapse.

Google menyertakan sederet pilihan lokasi pada bagian bawah panel, tetapi secara keseluruhan kamu bisa melihat timelapse semua lokasi yang kamu cari. Tidak hanya itu, Google juga menyusun sebuah playlist Youtube di channel Earth Outreach khusus untuk lokasi yang berubah drastis. Terutama, yang menarik perhatian seperti menghilangnya Laut Aral dan pertumbuhan konstruksi di berbagai belahan dunia seperti Qatar.

Dilihat 434 kali

Related Posts

About The Author

Former Teacher, who sometimes do knitting and girly-things and also interested in mobile app development.