Google Uji Coba “Andromeda” Sistem Operasi Hybrid Chrome OS dan Android pada Nexus 9

nexus-9-tablets

Google Uji Coba “Andromeda” Sistem Operasi Hybrid Chrome OS dan Android pada Nexus 9 – Google akan mengumumkan hardware barunya pada event di tanggal 4 Oktober nanti. Tetapi yang telah kita pelajari, bagian terpenting dari event tersebut mungkin bukan terletak pada harware didalamnya, tetapi pada software didalamnya. Baru-baru ini Google diketahui dan telah lama dirumorkan bahwa Google secara internal sedang menguji sistem operasi hybrid Android / Chrome OS.

Dikabarkan Google sedang menguji OS hybrid ini pada tablet Nexus 9 buatan HTC. Namun kami tidak tahu apakah OS ini akan secara resmi dirilis untuk tablet yang hampir sudah tua dua tahun.

Lebih dari sekedar kabar angin, ditemukan bukti di Android Nougat versi AOSP (Android Open Source Project) sebuah file bernama “SurfaceCompotitionTest.java” yang dalam pemahaman kami ini adalah “serangkaian test tingkat rendah untuk mengukur kinerja grafis”. Test ini merujuk “Andromeda” beberapa kali, menunjukkan “perangkat Andromeda yang membutuhkan skor kinerja tinggi”.

Menurut tools ini, nilai minimum yang diperlukan untuk Andromeda adalah 8.0. Sebagai perbandingan, Android sepertinya membutuhkan setidaknya 4.0. Salah satu aspek penting pada test khusus ini, Nexus 9 mendapat skor sekitar 8.8, artinya nilai skor tersebut melebihi persyaratan minimum Google.

testssurfacecompositionsrcandroidsurfacecompositionsurfacecompositiontest-java-platformframeworksbase-git-at-google-2016-09-25-17-33-41

Dengan tingginya skor yang diperoleh Nexus 9, bukan berati Google akan merilis Andromeda untuk Nexus 9 yang terbilang perangkat ini sudah tua. Fakta munculnya kode ini di direktori AOSP umum, hal ini juga berarti bahwa Andromeda direncanakan untuk perangkat yang lebih luas seperti Laptop 2 in 1 dan mungkin tablet. Dibuktikan sebuah file dalam direktori AOSP “SurfaceCompositionMeasuringActivity.java” menyebutkan “Detect Andromeda devices by having free-form window management feature.” artinya window atau jendela aplikasi pada OS Andromeda ini akan dapat disesuaikan seperti aplikasi desktop.

testssurfacecompositionsrcandroidsurfacecompositionsurfacecompositionmeasuringactivity-java-platformframeworksbase-ge280a6-2016-09-25-17-43-30

Halaman lain dari AOSP menyebutkan “flushed Nexus 9 device using volantis and volantis-andromeda images”, kode sumber ini menunjukkan bukan kode kecil atau penyisipan fitur. Melainkan perlunya membuat ulang sistem image (ROM).

Andromeda bisa dibilang rumor lama yang muncul kembali. Sebuah berita lama dari Wall Street Journal menunjukkan bahwa Google pernah berencana menggabungkan Chrome OS ke Android. Mungkin ini salah satu upaya Google membawa aplikasi Android untuk Chromebook.

Seringnya muncul bocoran menunjukkan bahwa Google memang berencana merilis OS baru dengan kemampuan hybrid. Apalagi VP dari Android, Chrome OS dan Play Hiroshi Lockheimer memposting tweet yang menyindir rumor tersebut. Hal ini semakin menguatkan dugaan. Menurut pendapat kamu bagaimana?

hiroshi-lockheimer-tweet

Dilihat 306 kali

Related Posts

About The Author

From developer, become tech journalist