Google Umumkan 5 Aplikasi Pemenang Material Design Award 2016

Material Design Awards 2016

Google Umumkan 5 Aplikasi Pemenang Material Design Award 2016 – Sejak Google memperkenalkan Material Design pada Google I/O 2014 yang lalu, Google telah menempatkan lebih banyak penekanan pada desain daripada sebelumnya. Sejak itu Material Design menjadi standar design untuk semua lini produk Google. Mulai dari layanan web nya seperti G Suite, Google Fonts, Analytics, AdSense sampai aplikasi Android.

Tahun lalu pertama kalinya dalam Material Design Awards Google memberi penghargaan kepada 6 aplikasi Android karena telah membawa pengalaman Material Design kedalam aplikasi mereka. Tahun ini Google telah memilih 5 aplikasi Android terbaik. Sama seperti tahun lalu Google memilih pemenang dengan menyoroti aspek-aspek tertentu dari Design Material yang digunakan dalam membangun aplikasi yang memenuhi kebutuhan pengguna namun tetap menonjolkan brand mereka.

Kelima aplikasi tersebut ialah sebagai berikut

Brand Infusion: Asana: Team Tasks & Projects

mda16-asana

Aplikasi ini dibuat dengan tujuan untuk membuat tim lebih produktif dan kolaboratif agar secara visual fokus dan jelas untuk menjaga agar pengguna tetap berkonsentrasi pada pekerjaan yang sedang mereka kerjakan. Asana bisa mencapainya dengan memoles interaksi yang berulang dan singkat dengan alasan efisiensi. Konten dari aplikasi tidak dibanjiri oleh berbagai aksi yang tersedia karena tata letaknya terorganisir dan mudah untuk digunakan.

Dengan banyaknya fitur di dalam satu aplikasi, tentunya membuat identitas visual Asana mudah dikenali. Namun tim desain Asana berpikir bahwa sebuah brand yang baik berawal dari user experience yang baik pula. Gradient yang halus diterapkan pada tombol aksi, begitu juga pada saat pengguna berkomunikasi. Logo dari produk ini menghiasi outline di sekitar ikon yang muncul saat melakukan pengeditan.

Charming Engagement: Fabulous – Motivate Me!

mda16-fabulous

Memrogram ulang otakmu untuk menggiatkan rutinitas baru merupakan hal yang cukup sulit, namun ini bisa dilakukan jika kamu memiliki asisten yang dapat membantu kamu meraih tujuan melalui penguatan positif. Aplikasi Fabulous ini seperti sebuah mentor, yang menyebut dirinya sendiri sebagai “pelatih kebahagiaan” yang akan menyuguhkan pilihan-pilihan kebiasaan positif kepada para pengguna.

Ilustrasi yang menarik dari aplikasi ini membuatnya berkesan dan mengundang orang untuk merasakan pengalaman dalam mengatur goal mereka sendiri. Transisi antar menu dan animasi ketika sudah menyelesaikan sebuah goal membuat siapa saja merasa termotivasi – bahkan pengalaman yang didapat ketika menggunakan aplikasi ini benar-benar diperhitungkan secara matang, style animasi yang jelas, background music yang bagus dan pengingat melalui email membuat pengguna merasakan aplikasi ini mendukung penggunanya merasa dibimbing secara langsung dan personal.

Creative Navigation: C Channel (Tersedia Bahasa Jepang & Bahasa Thailand)

mda16-c-channel

Ketika kita membahas desain navigasi dari sebuah aplikasi, terlalu banyak konten biasanya menimbulkan masalah tersendiri. Menu pencarian biasanya menjadi hal utama untuk mengeksplorasi sesuatu, mengurangi frekuensi pengguna untuk mencari hal yang tidak berhubungan dengan yang dicari dan hanya terfokus untuk mencari hal yang mereka inginkan. Aplikasi C Channel  dengan apik menyeimbangkan paduan ala studio dan video pengguna yang meliputi fashion, makanan, dan banyak lagi.

C Channel menata konten menjadi serangkaian tab yang mudah diakses dengan sekali swipe. Tanggapan positif dari aplikasi sejauh ini adalah mereka hanya memiliki tombol like dan tidak memiliki tombol down vote –menghargai sebuah karya dan ide dalam komunitas. Aplikasi ini membuat pengalaman browsing ribuan koleksi video rekomendasi tentang lifestyle menjadi lebih menarik karena simpel.

Expressive Layouts: Kitchen Stories

mda16-kitchen-stories

Kitchen Stories berpengalaman dalam membuat layout yang efektif, mudah dilihat untuk menjelajahi resep dari berbagai sudut pandang layar dan berbagai ukuran. Konten yang terdapat pada aplikasi ini ditata dengan cerdas, sehingga meminimalisir frekuensi pengguna menyentuh layar ketika tangan sedang dalam keadaan kotor.

Focused Efficiency: Airbnb

mda16-airbnb

Satu dari sepuluh hal yang kita ketahui dari Google adalah “Fast is better than slow.” Airbnb sangat cocok dengan filosofi ini dan sangat menghargai waktu dari para penggunanya. Kebutuhan dasar yang penting dapat terpenuhi melalui rancangan yang tepat, dan alur pengguna dari mulai mengakses login, browsing dan reservasi ditampilkan secara detail. Dengan pembagian goal yang ditata rapi menjadi langkah kecil, Airbnb mampu menghindari munculnya kerumitan sehingga didapatkan pengalaman yang nyaman dari keseluruhan fitur.

Itulah deksripsi pemenang beserta produknya dari Material Design Award 2016, mungkin kamu bisa mencoba berpartisipasi dalam event selanjutnya.  Sekali lagi kami ucapkan selamat kepada pada pemenang!

Dilihat 650 kali

Related Posts

About The Author

Game dan app reviewer, kontributor nyeleneh yang kadang juga nulis.