Google Umumkan AMP Lite untuk Perangkat dengan RAM Kecil dan Internet Lambat

google-amp

Google Umumkan AMP Lite untuk Perangkat dengan RAM Kecil dan Internet Lambat – Google AMP (Accelerated Mobile Pages) dimulai pada tahun 2015, sejak itu program tersebut mendapat sambutan hanya dan telah diperluas. Pada bulan September 2016, Google menampilkan halaman AMP pada mesin pencari mereka dan sekarang Google ingin meningkatkan program tersebut agar dapat digunakan pada perangkat yang lebih lambat.

Awal pekan ini Google mengumumkan AMP Lite, versi AMP lebih ringan yang di desain untuk menjaga halaman AMP tetap cepat pada perangkat yang menggunakan RAM kecil dan pada koneksi internet yang sangat lambat.

AMP sendiri sejatinya telah cepat, tetapi AMP Lite memotong segala halnya menjadi 45 persen lebih kecil tanpa mengorbankan apa yang pengguna lihat di layar smartphone mulai dari gambar hingga iklan.

Google menjelaskan dalam blog bahwa langkah pertama AMP Lite lakukan ialah dengan memotong ukuran gambar menjadi lebih kecil. Untuk melakukan hal tersebut, Google mememecah bagian-bagian data yang tidak terlihat dari gambar seperti thumbnail atau matadata geolocation, dan juga mengkompresi kualitas gambar JPG.

Selajutnya, Google mengubah gambar tersebut ke format WebP pada browser yang didukung. Hal tersebut dapat mengurangi ukuran gambar hingga 25 persen tanpa kehilangan kualitasnya. Beberapa metode yang sama juga digunakan pada AMP standar.

AMP Lite mengoptimalkan font eksternal dengan menggunakan tag “amp-font” yang memungkinkan font untuk segera ditampilkan sekalipun font tersebut telah di-cache atau belum.

Sayangnya, AMP Lite belum tersedia untuk semua pengguna. Google menyebutkan saat ini, fitur ini hanya diaktifkan di negara Vietnam dan Malaysia, dan beberapa negara lain dengan jaringan wireless yang lambat dan perangkat dengan RAM rendah. Tidak disebutkan apakah Indonesia termasuk didalamnya.

Dilihat 423 kali

Related Posts

About The Author

From developer, become tech journalist