Google Umumkan Aplikasi Baru YouTube Go, Video Offline Kini Bisa di Share

youtube-logo-background

Google Umumkan Aplikasi Baru YouTube Go – Google kemarin mengumumumkan aplikasi YouTube Go pada event Google for India di New Delhi. Aplikasi baru ini tentu dirancang untuk memperluas aksesibilitas layanan raksasa video sharing. Sayangnya aplikasi ini masih preview dan baru akan tersedia di India. Pengguna India memiliki kesempatan untuk mencicipinya lebih dulu. Namun kabarnya Google juga akan meluncurkannya untuk negara lainnya.

Aplikasi YouTube Go dibuat dengan tujuan agar YouTube dapat diakses lebih efektif didaerah dengan koneksi terbatas. YouTube Go memungkinkan pengguna untuk menyimpan video agar dapat dilihat secara offline. Pengguna juga dapat memilih kualitas resolusi video dan ukuran file sehingga jelas berapa jumlah data download yang akan digunakan. Menariknya aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk berbagi video dengan pengguna yang didekatnya tanpa menggunakan kuota data.

ytgo-app-screens-preview

“YouTube Go adalah merek aplikasi baru untuk membantu generasi berikutnya dari pengguna berbagi dan menikmati video,” kata manajemen produk YouTube VP Johanna Wright dilansir dari TheVerge.

Menurut Google aplikasi YouTube Go dibangun berdasarkan fitur Smart Offline yang diluncurkan pertama kali di India pada awal tahun ini. Fitur Smart Offline memungkinkan pengguna men-download video pada malam hari. Karena beberapa operator di India menawarkan paket data murah pada tangah malam hari. Sepertinya bukan hanya di India tetapi di Indonesia juga banyak operator yang menawarkan paket “Kalong”.

Jika dilihat ini aplikasi YouTube Go tidak lebih dari penyederhanaan dari aplikasi YouTube dengan antarmuka yang lebih sederhana. Dengan dua buah tab yaitu Home dan Saved untuk video yang telah disimpan.

youtube-go

Pada event Google for India di New Delhi, Google juga mengumumkan beberapa produk baru yang ditujukan untuk pasar di India. Well, secara infrastruktur India dan Indonesia mungkin tidak terlalu jauh berbeda. Semoga aplikasi ini juga bisa tersedia untuk pengguna di Indonesia.

Dilihat 2,045 kali

Related Posts

About The Author

From developer, become tech journalist