Google Umumkan Pixel dan Pixel XL, Ponsel Pertama Asli Besutan Google

Google Pixel

Google Umumkan Pixel dan Pixel XL – Google baru saja mengumumkan Pixel dan Pixel XL, ini merupakan smartphone pertama besutan Google dan Google meletakkan semua kekuatan dari layanannya kedalam satu paket. Smartphone ini sedang diproduksi oleh HTC. Google mengatakan ini tidak jauh berbeda bagaimana kontrak Apple dengn Foxconn, namun Google mengklaim ini sebagai milik mereka. Dan ada banyak optimasi yang sedang Google bangun untuk mengambil keuntungan dari pendekatan seperti yang digunakan Apple.

Dalam event peluncuran hardware tersebut, CEO Google Sundar Pichai menyebut pergeseran dari mobile ke AI (Artificial Intelligence) yang memungkinkan percakapan dua arah dan dialog yang natural. Pichai menggambarkan kenginan Google untuk membangun “individual Google” untuk setiap pengguna sebelum merinci beberapa proyek AI dan machine learning, seperti pengenalan gambar, terjemahan bahasa dan text to speech. Semua proyek tersebut telah Google tingkatkan membuat Assistant menjadi impresif atau mengesankan. Tujuannya tentu untuk menciptakan pengalaman pencarian individual untuk setiap pengguna.

Senior Vice President Rick Osterloh akhirnya turun gunung dengan tampil untuk mengumumkan perangkat smartphone baru dengan brand baru Pixel. Dia menyebut Pixel memiliki desain yang ramping dan fungsi yang kuat sebelum akhirnya menyindir secara halus ke Apple dengan mengatakan “tidak ada benjolan kamera yang kurang sedap dipandang.”.

Penerus Google Nexus dan 6P keduanya mendapat nama baru yaitu Pixel dan Pixel XL. Spesifikasinya persis seperti bocoran yang akhir akhir-akhir ini muncul. Keduanya dibekali dengan prosesor Quad Core Snapdragon 2,15 GHz. RAM 4GB dan pilihan penyimpanan 32 GB atau 128 GB.

Smartphone Pixel dengan bantang layar 5 inci memiliki kapasitas baterai 2770 mAh dan Pixel XL dengan bentang layar 5,5 inci memiliki kapasitas baterai yang lebih besar yaitu 3450 mAh. Layar kedua smartphone ini menggunakan teknologi AMOLED beresolusi Full HD.

VP of Product Brian Rakowski merinci beberapa fitur baru yang telah ditingkatkan ke Google Assistant. Seperti menemukan foto dengan spesifik bulan, merinci event di lokal venue dan mengirim SMS ke teman untuk membuat rencana. Kemudian dia membuat reservasi untuk makan malam dengan Open Table. Semuanya berfungsi dengan baik, sepertinya pernah kita lihat di Google I/O.

Rakowski kemudian mengalihkan perhatian pada kamera di perangkat Pixel. Merujuk ke DxOMark kamera pada Pixel merupakan kamera terbaik yang pernah dibuat dengan rating 89. Dia juga menyebutkan iPhone 7 Plus yang sangat dipuji memiliki rating dibawah Pixel yaitu 86.

DxOMark Rating on Pixel

Kedua smartphone Pixel memilki kamera utama dengan resolusi 12 MP dan bukaan (aperture) f/2.0 dan dengan pixel sensor besar 1,55 micron. Kamera depan Pixel juga mendapat upgrade dengan kamera beresolusi 8 MP. Untuk menarik perhatian pengguna, Google juga menawarkan penyimpanan gratis tanpa batas pada Google Photos dalam kualitas aslinya atau resolusi penuh tanpa kompresi.

Unlimited Storage Google Photos

Persis seperti bocoran yang diberitakan beberapa hari lalu Pixel telah menggunakan Android 7.1 yang merupakan versi maintenance pertama. Menggunakan Pixel Launcher dan tombol navigasi yang berfungsi untuk memanggil Google Assistant. Manariknya Google menyediakan layanan Customer Care 24 jam, sepertinya layanan hanya akan berlaku untuk pengguna di AS.

Customer Care Pixel

Pixel akan tersedia dengan 3 pilihan warna yaitu quite black, really blue, dan very silver. Harganya dibenderol dengan harga mulai dari USD 649. Smartphone ini akan dipasarkan di AS, Australia, Kanada, Jerman, Inggis dan India. Pemesanannya pun telah dibuka hari ini sementara untuk India mulai tanggal 13 Oktober. Sayangnya tidak ada informasi lebih lanjut mengenai kapan akan dipasarkan di tanah air. Dengan aturan regulasi pemerintah mengenai TKDN, perangkat Pixel ini tidak mudah untuk masuk Indonesia.

Dilihat 457 kali

Related Posts

About The Author

From developer, become tech journalist