“Guetzli” Algoritma Kompresi Baru Google Mampu Kurangi Ukuran Berkas JPEG Hingga 35 Persen

Google Office

Guetzli Algoritma Kompresi Baru Google – Gambar ialah unsur penting dalam web, dengan ukuran yang lebih kecil tentu akan mempercepat waktu muat halaman web secara penuh. Format yang populer saat ini ialah png dan jpg, format vektor SVG sudah menjadi standar namun belum banyak dalam penggunaannya.

Pada tahun 2014 yang lalu Google juga mengeluarkan format baru yaitu WebP yang dapat menyusutkan ukuran gambar hingga 10 persen namun tidak mengorbankan kualitas gambar. Namun sepertinya format ini hanya Google yang lebih banyak menggunakannya.

Karena jpeg menjadi format yang masih populer dan sulit untuk tergantikan. Google mengembangkan algoritma kompresi yang disebut dengan Guetzli yang artinya adalah cookie dari bahasa Swiss Jerman karena project ini dimulai dari Google Research di Zurich. Algoritma Guetzli ini mampu mengurangi ukuran gambar  format JPEG hingga 35 persen tanpa mengurangi kualitas gambar.

Dalam sebuah posting-an blog menyatakan bahwa algoritma mencoba mengatasi perbedaan model psychovisual format JPEG dan model psychovisual Guetzli dalam persepsi warna dan visual masking dengan lebih dalam dan lebih detail.

Selain mengurangi ukuran gambar, algoritma Guetzli juga memungkinkan berkas JPEG tetap kompatibel dengan browser dan image processing program. Sederhananya, menurut Google Guetzli sama persis dengan algoritma Zopfli yang bisa mengurangi ukuran gambar PNG dan gzip tanpa membuat format yang baru.

Berikut Google memberi contoh gambar sebelum dan sesudah di kompresi menggunakan algoritma Guetzli

Guetzli algorithm example
Gambar mata kucing dengan resolusi 20×24 piksel. Sebelah kiri belum terkompresi dan sebelah kanan yang telah terkompresi menggunakan Guetzli (Credit: Google)

Kode sumber nya dapat kamu lihat di Github

Dilihat 401 kali

Related Posts

About The Author

From developer, become tech journalist