Indonesia Android Kejar Sukses Bantu Lebih dari 5000 Developer Android di 5 Kota

Fasilitator Indonesia Android Kejar Batch 2

Indonesia Android Kejar Sukses Bantu Lebih dari 5000 Developer Android di 5 Kota – Awarding Indonesia Android Kejar digelar pada hari Sabtu 17 Desember yang lalu. Pada waktu yang bersamaan Awarding IAK juga digelar di Jakarta dan Bandung. Sementara di Surabaya di gelar pada hari Senin tanggal 19 Desember dan Semarang pada hari Selasa tanggal 20 Desember.

Event ini diselenggarakan untuk memberikan apresiasi kepada para fasilitator dan peserta yang telah berpartisipasi dalam Study Group Indonesia Android Kejar yang berlangsung kurang lebih dalam waktu 2 bulan ini. Dalam Awarding ini terpilihlah 20 fasilitator terbaik dan 100 peserta terbaik Indonesia Android Kejar.

Sebelum acara inti pemberian penghargaan dan apresiasi kepada fasilitator dan peserta terbaik. Acara Awarding Indonesia Android kejar diawali dengan pemaparan mengenai bagaimana Indonesia Android Kejar membangun ekosistem oleh Fadli Wilihandarwo (GBG Manager Yogyakarta). Beliau menjelaskan apa itu Google Developers dan Google Developers Groups.

Fadli Wilihandarwo - Indonesia Android Kejar Batch 2
Fadli Wilihandarwo, GBG Manager Yogyakarta (credit: GDG)

Google Developers merupakan bagian dari Google yang khusus mengembangkan berbagai macam produk dan platform untuk developer. Yang paling terkenal tentu kamu sudah pasti yaitu Android, kemudian ada Firebase, PWA, Cloud, AI, Machine Learning, Virtual Reality dan masih banyak lagi.

Sementara Google Developer Groups (GDG) adalah sekumpulan orang-orang yang tertarik dengan teknologi Google, kemudian mereka berkumpul (berkomunitas), mengadakan meetup dan membahas semua tentang teknologi Google. Sebelumnya komunitas ini bukan dinamakan GDG melainkan GTUG (Google Technology User Groups), sebelum akhirnya di ajak dan diresmikan oleh Google dengan merubah branding-nya menjadi GDG.

Fadli mengungkapkan bahwa saat ini ada 7 GDG yang secara resmi terdaftar dalam directory GDG yaitu Bandung, Bogor, Depok, Jakarta, Semarang, Surabaya dan Yogyakarta. Dan secara resmi ada 7 perwakilan Google Developer Expert di Indonesia yang siap membantu komunitas GDG ini. 3 diantaranya GDE dibidang Android, 1 Web, 1 product strategy dan 2 expert dibidang UX.

Selain itu Fadli juga mengungkapkan program Google Developers lainnya seperti Google Launchpad, Women Techmakers dan Female Dev. Program Google Launchpad yang terkenal adalah Launchpad Accelerator yang bertujuan untuk membantu startup menjadi sukses, membantu startup untuk scale. Para startup ini akan mendapat mentoring dan bimbingan dari engineer Google di Mountain View, California, AS. Pada Launchpad Accelerator Batch 3 telah terpilih 6 Startup asal Indonesia yaitu Snapcart, Qlue, iGrow, Jurnal.id, Mapan, dan PicMix. Jika ditotal saat ini sudah ada 14 Startup asal Indonesia yang mengikuti program Google Launchpad Accelerator.

Kembali pada Indonesia Android Kejar, sampai saat ini lebih dari 5000 orang peserta dan 150 fasilitator terdaftar. Sementara Study Group yang telah terbentuk mencapai 136 study group. Total tersebut dijumlahkan dari 5 kota yang telah menyelenggarakan Indonesia Android Kejar Batch 1 dan 2 yaitu dari Jakarta, Bandung, Jogja, Semarang dan Surabaya.

Indonesia Android Kejar 5000+ Participant

Kabar baiknya Indonesia Android Kejar juga akan hadir di kota Malang, Denpasar dan Pekalongan. Kapan Indonesia Android Kejar Batch 3 akan dilaksanakan? Tunggu saja kabarnya dan stay tuned di Chromplex.

Dilihat 1,028 kali

Related Posts

About The Author

From developer, become tech journalist