Kebijakan Baru Metode Pencarian Google

Mobile Friendly Test Chromplex.Com

Website yang kita bangun tidak hanya memberikan informasi statis sebagai bentuk catatan pengingat atau eksistensi kita terhadap dunia teknologi informasi di internet, tetapi tujuan lainnya yaitu kompetisi terindeksnya informasi oleh SEO (Search Engine Optimization) agar berada di halaman terbaik. Google sebagai salah satu mesin pencari terpopuler, memiliki Kebijakan Baru Metode Pencarian. Google akan lebih memilih website yang mobile-friendly atau website yang dapat menyesuaikan dengan tampilan mobile (responsive), baik itu smartphone maupun tablet.

Kebijakan ini diumumkan oleh blog resmi Google pada tanggal 26 Februari 2015, dan metode pencarian akan dimulai pada tanggal 21 April 2015. Berikut kutipan catatan dari blog resmi Google :

When it comes to search on mobile devices, users should get the most relevant and timely results, no matter if the information lives on mobile-friendly web pages or apps. As more people use mobile devices to access the internet, our algorithms have to adapt to these usage patterns. In the past, we’ve made updates to ensure a site is configured properly and viewable on modern devices. We’ve made it easier for users to find mobile-friendly web pages and we’ve introduced App Indexing to surface useful content from apps.

Meski baru akan berlaku mulai tanggal 21 April nanti, namun Google telah menyebarkan ‘Googlebot’ untuk menelusuri website yang dianggap cocok dimasukkan daftar teratas pencarian mereka. Perubahan metode pencarian ini bukanlah yang pertama terjadi, pada Februari lalu konten dari website microblogging Twitter telah mulai bisa dilacak oleh Google, ini terjadi setelah Google mengumumkan kerjasamanya dengan Twitter.

Dua perubahan penting yang diumumkan oleh Google dalam metode pencariannya yaitu sebagai berikut :

  1. Prioritas pencarian lebih kepada website yang mobile-friendly mulai tanggal 21 April, Google akan melakukan pencarian website yang mobile-friendly sebagai sinyal peringkat. Perubahan ini akan mempengaruhi pencarian dalam semua bahasa di seluruh dunia dan akan memiliki dampak yang signifikan dalam hasil penelusuran Google. Akibatnya, pengguna akan menemukan lebih mudah untuk mendapatkan hasil pencarian relevan, kualitas tinggi yang dioptimalkan untuk perangkat mereka. Untuk memeriksa apakah halaman website kita telah suppott dengan perangkat mobile, gunakan tool yang Mobile Friendly Test yang telah disediakan oleh Google.
  2. Pencarian Google akan mengindeks hasil yang lebih relevan dari sisi isi website. Secara teknis dibahas di Technical Details di App Indexing for Google Search.
Dilihat 228 kali

Related Posts

About The Author

Web Developer, Linuxer, Designer, and Blogger.. http://budi.sunaryo.info