Kini Ada 20 Juta Siswa di AS yang Menggunakan Chromebook

chromebooks

Kini Ada 20 Juta Siswa di AS yang Menggunakan Chromebook – Baru kemarin Google mengadakan event besar, Google mengumumkan beberapa angka mengesankan mengenai meningkatnya penggunaan Chromebook dalam pendidikan. Menurut Google, lebih dari 20 juta pelajar di AS sekarang menggunakan Chromebook dilingkungan pendidikan mereka.

Dalam sebuah posting blog, Rajen Sheth, Senior Director of Product Management, Android dan Chrome for Business and Education membuat pengumuman dengan mengklaim bahwa “lebih dari 20 juta pelajar di seluruh dunia menggunakan Chromebook untuk menciptakan, berkolaborasi dan berkomunikasi.” Pengumuman Google tersebut berhububungan dengan perayaan Hari Guru Sedunia. Berhubungan dengan hari tersebut Google memberikan penghargaan kepada guru yang telah mengubah cara belajar siswanya.

Google mengatakan 20 juta pengguna aktif saat ini merupakan kenaikan yang besar dibandingkan tahun lalu dengan pengguna aktif 10 juta. Chromebook bahkan sukses menguasai pasar dibidang pendidikan di AS mengalahkan Microsoft dan Apple. Ada satu hal yang membuat Chromebook penggunanya terus tumbuh dalam pendidikan ialah hadirnya Play Store di Chrome OS. Diperkirakan sampai tahun 2023 Chromebook akan mencapai 17 juta pengguna aktif.

Chromebook terbukti sukses di AS dan Google sendiri sudah mulai membawa Chromebook ke Indonesia. Bukan tidak mungkin Google juga mencoba memasuki pasar bidang edukasi di Indonesia, mengingat pasar dibidang pendidikan di Indonesia yang masih cukup besar. Saat ini Microsoft masih menguasai pasar pendidikan di Indonesia. Tidak sedikit perguruan tinggi di Indonesia yang bekerja sama dengan Microsoft, salah satunya membeli lisensi sistem operasi Windows untuk digunakan dilingkungan kampus mereka. Bahkan membuat Microsoft Innovation Center di ITB, ITS, UI dan UGM.

Google hari ini juga mengumumkan program Education on Air, sebagai sebuah cara untuk guru membagikan kreativitas mereka dengan guru lainnya. Program ini didesain untuk menolong para guru berkolaborasi dengan yang lainnya, tidak peduli dimanapun mereka.

Google mengatakan program Education on Air yang pertama kali dilaksanakan tahun lalu telah ada 50.000 peserta yang ikut dari berbagai negara yang mendengar langsung dari ratusan pendidik tentang pendidikan dan teknologi, seperti dari Lady Michelle Obama, LeVar Burton, dan Michael Fullen. Ini merupakan konferensi online, pada tahun ini kamu bisa memilih 100 lebih sesi dan terlibat dengan pendidik secara global dengan tema kunci:

  • It takes a teacher to spark creativity: keynote mengenai keterampilan masa depan guru dari pembicara Julia GillardLinda Darling HammondProfessor Robert WinstonJennie Magiera dan banyak lagi.
  • It takes a teacher to improve student learning: penelitian tentang bagaimana pendidik telah mengubah sekolah dan mengukur dampaknya.
  • It takes a teacher to prepare students for the world: tips dan tools untuk membantu meningkatkan keterlibatan siswa, kolaborasi dan produktivitas di dalam kelas.

Education on Air akan dilaksanakan pada 3 Desember dan gratis, jika kamu tertarik silakan kunjungi halaman ini

Dilihat 219 kali

Related Posts

About The Author

From developer, become tech journalist