Komputer Baru DeepMind Mampu Belajar dari Memorinya Sendiri

deepmind-dnc

Komputer Baru DeepMind Mampu Belajar dari Memorinya Sendiri – DeepMind, sebuah perusahaan kecedasan buatan asal Inggris yang diakuisisi oleh Google pada tahun 2014 dan sekarang dibawah payung Alphabet, telah mengembangkan sebuah komputer yang dapat menggunakan memorinya untuk mempelajari fakta-fakta dan menggunakan pengetahuan tersebut untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan. Ini berarti di masa depan AI mampu menanggapi permintaan dari manusia tanpa diajarkan dari setiap jawaban yang mungkin benar.

DeepMind mengatakan AI model barunya yang disebut Differentiable Neural Computer (DNC), dapat diberi makan dengan hal-hal baru seperti sebuah family tree (garis keturunan) dan peta dari jaringan London Underground, dapat menjawab pertanyaan kompleks tentang hubungan antara item dalam struktur data. dan DNC juga bisa membantu merencanakan rute perjalanan yang efisien.

Demikian pula, DNC dapat memahami dan menjawab pertanyaan tentang hubungan diantara orang-orang dikeluarga besar, seperti “Siapa paman ibu Freya?”, kamu dapat melihat visualisasi ini pada video dibawah ini.

Penemuan ini didasarkan pada konsep jaringan saraf yang meniru cara kerja pikiran manusia. Hal ini sangat baik untuk penerapan machine learning, dimana kamu ingin sebuah komputer belajar melakukan hal hal dengan mengenali pola-pola.

Jaringan syaraf ini juga yang membantu AI AlphaGo mengalahkan pemain juara dunia dalam pertandingan Go. Tapi AlphaGo harus dilatih dengan diberi makan data sekitar 30 juta gerakan dari historical game. Dengan menambah kemampuan AI belajar dari memori, kemungkinan akan dapat menyelesaikan tugas-tugas kompleks sendiri lebih jauh.

DeepMind berharap DNC yang digambarkan sebagai “machine learning yang, tanpa diprogram sebelumnya, dapat menyusun informasi dalam fakta terhubung dan menggunakan fakta-fakta untuk memecahkan masalah” akan memungkinkan menjadi terobosan lebih lanjut dalam komputasi. DeepMind juga menerbitkan temuan penelitiannya pada jurnal ilmiah Nature, kamu dapat membaca paper tersebut disini.

Dilihat 197 kali

Related Posts

About The Author

From developer, become tech journalist