Layanan Pembayaran Digital Google Tez Bakal Masuk Indonesia?

Tez

Layanan Pembayaran Digital Google Tez Bakal Masuk Indonesia – Kemarin tanggal 18 September 2017 Google meluncurkan aplikasi layanan pembayaran digital berbasis mobile di India. Bukan Android Pay melainkan aplikasi baru yang bernama Tez yang berarti dalam bahasa India artinya cepat.

Dengan Google Tez pengguna dapat menghubungkan rekening bank mereka ke smartphone mereka. Jadi pengguna dapat melakukan pembayaran menggunakan aplikasi tersebut untuk membayar pedagang di toko secara online dan offline bahkan mentransfer uang langsung ke teman.

Untuk memastikan layanan ini berjalan, Google telah bekerja sama dengan India National Unified Payments Interface (UPI), sebuah sistem pembayaran yang didukung oleh pemerintah India dan 19 bank besar disana.

Tidak seperti sistem dompet mobile, pengguna dapat melewati langkah tambahan dalam mengelola dompet yang terpisah dan mentransfer uang ke dan dari akun mereka secara langsung.

Untuk mendaftar ke Tez, kamu cukup memasukkan nomor telepon, memilih bank kamu dan bank akan memferifikasi nomor telepon kamu melalui SMS.

Untuk mengirim uang ke pengguna lain kamu cukup memasukkan ID UPI mereka atau pilih nomor telepon mereka dari daftar kontak jika mereka juga menggunakan Google Tez.

Google menjanjikan transaksi tez akan aman karena didukung oleh sistem keamanan yang dinamakan Tez Shield.

Apakah Tez juga akan masuk Indonesia?

Dilansir dari Techinasia bahwa saat ini Google telah mendaftarkan logo dari Tez ke Direktorat Jenderal kekayaan Intelektual (DJKI), Kementrian Hukum dan HAM Republik Indonesia. Jadi kemungkinan besar Google akan membawa layanan ini juga ke tanah air.

Di India setengah dari penduduknya telah memiliki akun bank, tapi hanya 2 persen dari penduduk disana yang memiliki kartu kredit. Hal yang sama juga terjadi di Indonesia tidak banyak pengguna yang memiliki kartu kredit.

Jika Tez benar-benar masuk Indonesia tentu ini akan memanaskan persaingan layanan pembayaran digital yang sudah ada di Indonesia seperti GoPay, TokoCash milik Tokopedia, Dompet Bukalapak dan lainnya.

Apakah Tez bisa digunakan untuk melakukan pembayaran secara internasional? masih tergantung apakah nantinya banyak merchant yang juga menggunakan layanan Tez. Jika Tez tidak hanya bisa digunakan di India atau Indonesia saja, misalnya dapat digunakan untuk berbelanja di Amazon atau eCommerce luar kemungkinan Tez bisa lebih unggul dari pemain lokal. Menurut kamu bagaimana?

Related Posts

About The Author

From developer, become tech journalist