Lenovo Yoga Book Tablet Android Unik dengan Keyboard Rahasia

lenovo-yoga-book-feature-os-android

Lenovo Yoga Book Tablet Android Unik dengan Keyboard Rahasia – Pada ajang IFA 2016 di Jerman, kemarin Lenovo mengumumkan sebuah perangkat tablet hybrid yang diberi nama Lenovo Yoga Book. Tidak biasanya Chromplex mengulas hardware, namun kali ini Lenovo Yoga Book mencuri perhatian kami.

Tablet hybrid ini menggunakan dua bagian yang berbeda. Bagian pertama seperti yang kamu duga ialah menggunakan layar sentuh, tetapi bagian yang kedua tablet ini menggunakan sesuatu yang baru, yaitu berupa permukaan sentuh yang sensitif seperti tablet yang biasa digunakan oleh animator untuk menggambar. Bagian permukaan sentuh sensitif yang dibuat oleh Wacom ini dapat berubah menjadi keyboard virtual / illuminate keyboard atau yang mereka sebut dengan Halo Keyboard. Selain ia juga mampu menerima input dari stylus.

Dalam video iklan yang berdurasi beberapa detik diperlihatkan, ujung stylus Lenovo Yoga Book dapat diganti dengan tinta yang kemudian dapat ditulis pada kertas nyata. Yoga Book otomatis akan menyalin tulisan tersebut secara realtime. Karena engsel dapat diputar 360 derajat, bagian layar dapat dilipat kebelakang sementara bagian tablet yang dibuat Wacom tersebut dapat digunakan untuk menulis. Lenovo menyebutnya dengan “Create Pad”.

Tablet hybrid ini dijual dengan dua sistem operasi yang berbeda yaitu Android Marshmallow dan Windows 10. Lenovo Yoga Book dengan OS Android Marshmallow dihargai USD 499, sedangkan versi Windows 10 dihargai USD 549. Keduanya pun sudah mendukung jaringan 4G LTE. Sementara untuk kemampuan baterai tablet ini terbilang besar, menggunakan baterai berukuran 8000 mAh. Lenovo mengklaim tablet ini mampu bertahan 15 jam jika menggunakan OS Android dan 13 jam jika menggunakan OS Windows 10.

Kedua tablet ini menggunakan spesifikasi yang sama, seperti menggunakan bentang layar berukuran 10,1 inci dengan kepadatan layar 1920×1200 piksel, RAM 4GB dan storage 64 GB. Namun jika dirasa kurang tablet ini menyediakan slot microSD. Keduanya junga menggunakan dapur pacu yang sama yaitu prosesor Intel 5x yang dirasa cukup mampu jika digunakan untuk menulis catatan atau menonton sejumlah video atau film.

Pada dasarnya OS Windows 10 pada tablet ini tidak ada perubahan, namun versi Android di tablet ini sudah disesuaikan. Seperti software yang dioptimalkan untuk membuat catatan dan perangkat lunaknya juga sudah sedikit diubah untuk bertindak lebih seperti pada desktop. Terdapat taskbar pada bagian bawah dan kemampuan untuk menjalankan beberapa aplikasi dengan jendela yang dapat disesuaikan.

Lenovo Yoga Book akan dipasarkan di AS pada bulan Oktober, sementara untuk di tanah air masih belum diketahui apakah tablet hybrid ini akan masuk Indonesia. Kami melihat tablet ini merupakan inovasi yang cukup unik, apalagi jika tablet ini menggunakan Chrome OS yang mendukung aplikasi Android, tablet ini bisa menjadi sangat powerfull. Menurut kamu bagaimana?

Dilihat 1,236 kali

Related Posts

About The Author

From developer, become tech journalist