Serunya Main Tebak Gambar di Google Assistant

Tebak Gambar Google Assistant

Google Assistant berbahasa Indonesia diumumkan Google pada tanggal 1 April yang lalu. Dengan Google Assistant kamu bisa bertanya ke Google layaknya berbicara dengan Jarvis seperti dalam film Iron Man.

Sebenarnya Google Assistant bukan satu-satunya asisten digital yang ada saat ini. Mungkin kamu pernah mendengar Alexa yang dikembangkan Amazon dengan produk Echo-nya, ada Cortana yang ditanam oleh Microsoft ke dalam sistem operasi Windows, dan ada Bixby yang dikembangkan oleh Samsung.

Sayangnya dari semua asisten digital yang ada saat ini baru Google Assistant lah yang telah menggunakan bahasa Indonesia. Hal ini membuat Google Assistant lebih unggul dibandingkan asisten digital lainnya untuk pengguna di Indonesia.

Bersamaan dengan peluncuran Google Assistant Bahasa Indonesia yang lalu, Google juga telah memperkenalkan 7 aplikasi dan game yang telah mendukung Google Assistant. Salah satunya Tebak Gambar.

Mungkin kamu tahu jika game Tebak Gambar selalu bertengger di dalam 20 besar chart aplikasi dan game gratis di dalam Play Store dengan total 10 juta download. Jika kamu sudah pernah bahkan sering memainkannya pasti merasakan keseruannya. Nah bagaimana jika game ini dimainkan di dalam Google Assistant? Sebaiknya kamu coba sendiri deh

Bagaimana memainkan game Tebak Gambar dalam Google Assistant? berikut langkah-langkahnya

  1. Pastikan aplikasi Google atau Google App kamu sudah ter-update
  2. Ubah bahasa smartphone Android kamu ke Bahasa Indonesia jika masih menggunakan Bahasa Inggris. Caranya kamu bisa mengubahnya di Settings > System > Language and Input > Language
  3. Buka Google Assistant dengan menekan tombol Home beberapa detik atau menggunakan perintah suara “OK Google”. Namun, sayangnya setelah kami coba ternyata pengaturan Voice Match untuk pengaturan Bahasa Indonesia belum bisa diaktifkan.

    Google Assistant Bahasa Indonesia
    Google Assistant salam Bahasa Indonesia
  4. Untuk mulai bermain game Tebak Gambar kamu harus menjalankan perintah suara dengan mengucapkan “Bicara dengan Tebak Gambar”. Ketika sudah masuk dalam game kamu akan dipandu dengan suara asisten laki-laki. Untuk memulai kamu bisa memilih opsi Mulai dari awal atau jika sudah pernah bermain kamu bisa memilih Lanjut main. Namun jika kamu masih bingung cara memainkannya kamu bisa memilih Cara bermain.
  5. Kamu akan diajukan beberapa gambar yang bisa kamu tebak. Gambar yang bisa kamu tebak persis seperti dalam game aslinya. Saya rasa kamu tidak akan kesulitan menebaknya, namun jika kamu merasa kesulian bisa mencoba opsi Bantuan atau Ganti Soal. Pada opsi bantuan kamu akan dibantu dengan clue untuk membantu kamu menebak gambar.
  6. Jika kamu ingin berhenti bermain kamu cukup mengatakan “Berhenti main”. Di akhir permainan Tebak Gambar akan merangkum semua jawaban kamu seperti berapa kali bermain, berapa soal yang berhasil kamu jawab, berapa kali kamu meminta bantuan.

Kesimpulan

Game Tebak Gambar didalam Google Assistant ini sama persis dengan versi aslinya namun dengan pengalaman yang sedikit berbeda. Biasanya kamu menggunakan keyboard sekarang kamu bisa menggunakan suara.

Namun saya merasa game ini memang masih butuh dikembangkan seperti soal yang masih sedikit. Founder Tebak Gambar mengatakan game dalam Google Assistant ini masih akan terus dikembangkan seperti menambah soal yang lebih banyak. Perubahan terakhir yang kami temukan yaitu perubahan suara asisten yang sebelumnya perempuan diganti dengan suara laki-laki. Secara keseluruhan, game ini sangat menyenangkan dimainkan dikala kamu bosan. Apalagi jika dimainkan bersama teman-teman kamu.

Nb: jika kamu seorang developer aplikasi, semua aplikasi dan game ini dikembangkan menggunakan platform Action on Google. Untuk informasi lebih lanjut bagaimana mengembangkan aplikasi untuk Google Assistant kamu bisa mengunjungi halaman ini

Dilihat 691 kali

Related Posts

About The Author

From developer, become tech journalist