Mantan Kepala Motorola Rick Osterloh Sekarang Memimpin Divisi Hardware Google

Rick Osterloh

Mantan Kepala Motorola Rick Osterloh Sekarang Memimpin Divisi Hardware Google – Baru-baru ini Rick Osterloh dikabarkan kembali ke Google. Osterloh meninggalkan Motorola setelah Lenovo melakukan perombakan perusahaan bulan lalu. Sekarang, bersumber dari Recode dikonfirmasi bahwa Google memperkerjakan Osterloh untuk memimpin divisi hardware baru yang meliputi lini produk Nexus, ATAP dan bahkan Google Glass.

Osterloh bergabung dengan perusahaan sebagai Senior Vice President yang akan melapor langsung ke CEO Google Sundar Pichai. Setelah Dennis Woodside meninggalkan Motorola untuk bergabung dengan Dropbox pada tahun 2014, Osterloch sebelumnya sebagai menajemen produk menjadi kepala di Motorola bahkan setelah Motorola di jual Google ke Lenovo dan lama setelah akuisisi selesai.

Osterloch sekarang akan memimpin pengembangan hardware Nexus dan bekerja dengan mitra manufaktur hardware (OEM). Osterloh akan bekerja sama dengan SVP Android Hiroshi Lockheimer, namun Lockheimer akan lebih fokus pada software dan platform pengembangan.

Hardware Chromecast , laptop Chromebook termasuk Pixel C juga akan ditangani Osterloh. Selain itu wireless router OnHub yang sebelumnya dikerjakan oleh anak perusahaaan Alphabet yaitu Access sekarang telah dipindahkan ke Google.

Setelah Regina Dugan meninggalkan Google untuk Facebook, ada beberapa pertanyaan tentang apa yang akan terjadi di divisi eksperimental ATAP (Advanced Technology and Project). Semua bagian ATAP yang belum terintegrasi kedalam divisi VR Google seperti Project Tango, sekarang akan melapor ke Osterloh. Ini termasuk ponsel modular Project Ara dan mungkin juga seperti Project Soli dan Jacquard.

Sementara untuk Project Aura dengan produk Glass-nya juga akan berada dibawah Osterloh. Sebelumnya produk Glass dikerjakan oleh Tony Fadell sejak pindah ke Google X tahun lalu. Sekarang Fadell tetap akan menjadi penasihat untuk tim Project Aura dan juga menjadi CEO dari Nest.

Perubahan besar ini merupakan bentuk komitmen Google pada divisi hardware. Recode memberi catatan, langkah ini akan membantu upaya menyatukan Google hardware dan diharapkan mengakhiri kompetisi internal antara bagian-bagian yang berbeda di dalam perusahaan.

Re/code, Image credit : blueskyinnovation.com

Dilihat 69 kali

Related Posts

About The Author

From developer, become tech journalist